Ketua DPRD Kotabaru Menghimbau Agar Petani Swadaya Bergabung Bersama APKASINDO

 

KOTABARU,kabardaerah.com- Ratusan petani kelapa sawit swadaya yang tergabung dalam organisasi APKASINDO Kotabaru menyampaikan orasi damai di depan kantor Bupati Kotabaru, Selasa 17/5/2022.

Setelah melakukan aksinya, perwakilan aksi langsung melakukan rapat koordinasi bersama Pemda dan DPRD di oproom Setda Kotabaru.

Saat diskusi berlangsung ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis menyampaikan beberapa masukan dan saran saat duduk bersama antara Pemkab Kotabaru dengan APKASINDO Kotabaru dan perwakilan petani sawit swadaya yang berhadir.

Syairi mengatakan, terkait harga tandan buah segar (TBS) yang harganya tidak stabil karena terus berubah- rubah agar dinas pertanian Kotabaru untuk melakukan evaluasi dan di sampaikan ke Pemerintah Provinsi terkait persoalan harga TBS yang selalu berubah- rubah.

Dan saya menghendaki di bentuknya Tim Satgas untuk Pengawasan terkait harga TBS ini dari unsur APKASINDO, Pemda, Dinas Pertanian dan kepolisian.

Jadi Satgas ini yang nanti akan menegur langsung PKS- PKS yang nakal, harap Syairi kepada Sekda Said Akhmad pada saat diskusi pasca aksi demonstrasi.

Selain itu Syairi juga menginginkan pernyataan sikap bersama untuk meminta evaluasi terhadap Permentan Nomor 1 Tahun 2018 tentang pedoman penetapan harga pembelian Tandan Buah Segar (TBS) kelapa Sawit Produksi Pekebun dan mengakomodir perlindungan petani sawit swadaya di daerah, ujarnya.

Karena petani sawit swadaya selama ini tidak diakui, sehingga petani sawit swadaya sangat lemah, karena yang diakui menurut Permenpan itu hanya petani mitra dan plasma, ucap Syairi.

Harapnya lagi, Pemda saat ini harus hadir di tengah masyarakat pasca menjamurnya petani sawit swadaya di Kotabaru, dengan kisaran saat sekitar 40 persen dari total kebun yang ada di Kotabaru.

Karena hadirnya Pemda melalui Perusda, saat terjadi situasi seperti sekarang ini bisa diatasi dengan cepat ketika Pemda melalui BUMD atau Perusda memiliki PKS sendiri, ujar Syairi.

Apkasindo ini lembaga resmi yang menaungi petani sawit di seluruh Indonesia, untuk solidnya APKASINDO, saya mohon kesadaran kawan-kawan petani sawit, mohon di akomudir para petani sawit swadaya agar bergabung di Apkasindo, ujar Syairi mengakhiri.(khai)