Asuransi Kesehatan dan Premi Dasar Asuransi Astra

BERITA UTAMA158 Dilihat

Astra merupakan salah satu perusahaan asuransi yang ada di Indonesia sejak 1956. Terdapat beragam jenis produk asuransi yang dilayani, termasuk Garda Medika oleh asuransi Astra.

Sebelum mengetahui apa saja produk asuransi Garda Medika, sebagai nasabah asuransi, Anda tentu harus tahu apa itu premi dasar asuransi.

Pasalnya, premi asuransi merupakan iuran wajib yang harus dibayar setiap bulannya saat Anda akan membeli produk asuransi.

Buat lebih jelasnya, simak penjelasan lengkapnya mengenai jenis asuransi kesehatan Garda Medika dan premi dasar asuransinya.

Apa Itu Garda Medika?

Garda Medika merupakan salah satu jenis produk asuransi kesehatan dari perusahaan Astra. Asuransi ini dapat diberikan kepada karyawan perusahaan sehingga mereka berada di bawah jaminan Astra.

Secara garis besar, manfaat dari Garda Medika itu sendiri dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perusahaan.

Polis Garda Medika juga dapat diklaim ganda, artinya apabila Anda mengalami risiko kesehatan yang tidak menjadi tanggungan asuransi maka dapat dialihkan ke asuransi tambahan yang dimiliki.

Manfaat Asuransi Garda Medika

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa Garda Medika adalah asuransi kesehatan di mana seluruh biaya rawat inap, rawat jalan dan klaim ganda diberikan kepada karyawan perusahaan.

Manfaat lainnya, yakni:

  • Perusahaan asuransi akan memberikan pertanggungan rawat inap akibat kecelakaan maupun sakit.
  • Perusahaan asuransi akan memberikan pertanggungan rawat jalan akibat kecelakaan maupun sakit.
  • Perusahaan asuransi akan menerima pengajuan klaim ganda apabila terjamin memiliki lebih dari satu asuransi.

Selain manfaat tersebut, nasabah asuransi juga mendapatkan pengecualian. Aturan tersebut wajib diterima oleh peserta ketika mengajukan klaim asuransi.

Anda tidak akan diizinkan untuk klaim asuransi apabila terjadi beberapa hal berikut, yakni:

  • Tertanggung terbukti tidak jujur atau memberikan informasi yang salah dan tidak lengkap mengisi data kesehatan, hobi maupun pekerjaan.
  • Tertanggung tidak dapat mengajukan klaim apabila polis lapse atau habis masa tanggungannya.

Biaya Asuransi Garda Medika

Biaya premi asuransi Garda Medika berbeda bagi tiap nasabah yang diakibatkan oleh beberapa faktor berikut.

  1. Usia
  2. Jenis kelamin
  3. Riwayat penyakit
  4. Manfaat polis yang dipilih
  5. Manfaat tambahan atau rider

Kelima faktor di atas merupakan penentu besar kecilnya biaya premi asuransi Garda Medika dan lainnya. Jika masih kurang jelas, Anda dapat menghubungi customer service perusahaan agar tidak gagal paham.

Cara Klaim Asuransi Garda Medika

Klaim asuransi Garda Medika terdiri dari dua cara, yakni:

1. Cashless

Cashless atau non tunai dapat digunakan ketika Anda berada di rumah sakit rekanan atau provider. Anda bisa mengunjungi rumah sakit yang telah ditunjuk sebagai provider layanan Garda Medika. Tentunya ada jalinan kerjasama antara rumah sakit dengan pihak perusahaan asuransi.

Selanjutnya, Anda hanya perlu memperlihatkan kartu peserta asuransi Garda medika sebagai bukti kepada bagian administrasi rumah sakit.

Nantinya pihak rumah sakit akan melakukan konfirmasi langsung kepada perusahaan asuransi untuk kebenarannya.

Setelah dikonfirmasi dan seluruh data benar, Anda akan langsung mendapatkan pelayanan medis sesuai ketentuan polis.

2. Reimbursement

Reimbursement dapat digunakan di rumah sakit non rekanan atau bukan provider langsung dari Garda Medika.

Hal ini biasanya terjadi apabila Anda berada di daerah yang jauh dari rumah sakit provider. Ketika berkunjung ke rumah sakit yang bukan provider langsung, Anda tetap bisa mendapatkan pelayanan medis sesuai polis.

Sebelum pendaftaran, Anda dibekali dengan formulir reimbursement yang diberikan oleh pihak HRD. Isi formulir tersebut dan sertakan ketika proses pendaftaran.

Selanjutnya, formulir reimbursement yang telah ditandatangani oleh dokter serta diagnosa penyakitnya dapat diserahkan kepada bagian HRD untuk diklaim. Pihak perusahaan asuransi akan melakukan analisis klaim dan melakukan pembayaran sesuai ketentuan polis.

Premi Dasar Asuransi

Jadi, premi adalah iuran berkala baik itu bulanan maupun tahunan yang wajib dibayar oleh peserta asuransi dalam jangka waktu sesuai kesepakatan.

Premi asuransi tidak membutuhkan dana besar karena Anda dapat menentukan besaran premi yang harus dibayar sesuai kesanggupan. Apabila premi tidak dibayar dalam tenggat waktu yang telah ditentukan maka asuransi bisa nonaktif dan tidak dapat dimanfaatkan.

Itulah penjelasan singkat mengenai jenis asuransi kesehatan Garda Medika dan premi dasar asuransinya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan acuan sementara bagi Anda yang ingin masuk sebagai peserta asuransi Garda Medika Astra.