Dr. H Rahidin H Anang MS Menjadi Narasumber Dalam Kegiatan Sosialisasi Bully Di SD Negeri 40 Palembang

Palembang, kabardaerah.com,- Kegiatan sosialisasi pemahaman dan pencegahan bully untuk anak-anak di Sekolah Dasar yang diselenggarakan di SD Negeri 40 Palembang, Jum’at (09-12-2022).

Dalam kesempatan ini Pakar Komunikasi Politik serta Dosen Ilmu Komunikasi Dr. H. Rahidin H. Anang MS. Sebagai Narasumber memberikan materi pemahaman tentang pentingnya membangun karakter dan moral pada anak-anak usia dini.

Saat di wawancara awak media Dr. H Rahidin H.Anang MS mengatakan, Bully itu satu perbuatan dan tindakan yang sangat tidak diperbolehkan apalagi di lingkungan pendidikan, sangat tepat komite sekolah SD Negeri 40 kerja sama dengan kepala sekolah serta dewan guru mempunyai program dan pemikiran mensosialisasikan bahaya bully di lingkungan Sekolah.

“Bully memberikan banyak dampak untuk korban bully seperti bisa menjadi cemas, ketakutan, minder, frustasi dan bahkan bisa bunuh diri. Bully harus dihindari dari anak-anak terutama di tingkat SD, maka sangat tepat jika sekolah mensosialisasikan pemahaman Bully di kalangan siswa didik,” Ujarnya.

Ada tiga faktor yang membuat seseorang menjadi pembully, Pertama faktor keluarga misalnya keributan kedua orang tua yang di saksikan anak dan di contoh anak, atau bisa juga misalkan si anak selalu tertekan mentalnya dirumah akibat perlakuan orang tua atau kakaknya. Kedua faktor lingkungan misalnya pengaruh negatif dari teman yang suka membully teman yang lebih lemah. Ketiga faktor media misalnya tontonan yang mengandung kekerasan yang di tiru anak-anak.

“Bully itu adalah satu tindakan, kekerasan yang menyakitkan orang lain tapi sifatnya terus-menerus, pada konteks ini anak-anak SD merupakan basic dalam pembinaan karakter untuk ke depan yang sangat kita butuhkan dalam pembinaan,” bebernya.

Rahidin H.Anang menjelaskan, kunci utama untuk mengatasi bully di sekolah adalah dengan cara membangun komunikasi baik antara siswa dan guru maupun orang tua murid agar tidak munculnya bully.

“Kalau sudah dibangun komunikasi terus, rajin dan Intens, insyaallah tidak akan melahirkan prilaku bully, tapi kalau komunikasinya tertutup, atau jarang berkomunikasi, maka peluangnya akan menimbulkan bully. Apa lagi sekarang ini di era komunikasi teknologi, dampak negatif maupun positif sangat lah cepat terhadap prilaku anak-anak. Yang sangat kita takutkan dampak tersebut sangat lah berbahaya jika bersifat negatif terhadap perkembangan jiwa si anak, maka sangat perlu kontrol atau pengawasan dari orang tua maupun dewan guru. Tugas guru bukan hanya mengajarkan materi pelajari, tapi harus mampu membangun karakter dengan cara berkomunikasi dengan siswa, dengan cara berdiskusi, memberi pencerahan yang bersifat positif kepada anak didik,” Terangnya.

H.Rahidin H.Anang berharap terutama kepada para dewan guru, siswa sangat perlu adanya membangun komunikasi,  karena komunikasi di dalam sekolah untuk membangun sebuah karakter bagi anak sejak usia SD.

“Tugas guru yang paling berat adalah membangun sebuah karakter dari anak didik, karena karakter ada dua yaitu moral, ada kinerja. Dengan karakter yang baik akan menghasilkan moral dan kinerja yang baik juga,” pungkasnya.

Kepala Sekolah SD Negeri 40 Rohani Romauli Simanjuntak S.Pd mengucapkan terima kasih kepada narasumber Dr. H. Rahidin H.Anang, MS karena sudah bersedia datang dan menjadi pembicara di sekolah SD Negeri 40, dan terima kasih kepada komite sekolah khususnya Ketua Komite Nopi yang sudah mengadakan kegiatan ini.

“Suatu kebanggaan bagi kami karena Beliau dapat hadir di sini, kami juga berterima kasih kepada komite kami yang luar biasa. memang masalah moral atau karakter anak ini tugas kami para pengajar untuk membangun, membentuk karakter anak dari sejak dini,” Ucapnya.

Rohani berharap mudah-mudahan tim guru khususnya bisa lebih baik lagi menjalin komunikasi dengan orang tua terutama dengan anak didik, dan anak-anak SD Negeri 40 nanti menjadi anak yang sukses, bermoral, berkarakter dan menjadi kebanggaan bangsa dan negara.

“Semoga dengan kedatangan bapak Rahidin ke sini membawa kemajuan sekolah, dan ke depan semakin memajukan SD Negeri 40 ini. Maju anaknya, maju sekolahnya, dan maju juga prestasinya,” tutupnya.