Bupati Pasangkayu: RSUD Pasangkayu Menuju RS Regional Tipe C

DAERAH21 Dilihat

PASANGKAYU – Bupati Pasangkayu Yaumil Ambo Djiwa, SH menutup kegiatan simulasi akreditasi yang dilaksanakan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasangkayu pada Kamis (26/1/2023).

Dalam sambutannya Yaumil menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada tim simulasi akreditasi yang telah bekerja maksimal sehingga giat tersebut dalam berjalan dengan lancar hingga selesai.

“Terimakasih kepada tim akreditasi yang telah memberikan bimbingan dan penilaian yang sesuai standar, sehingga RSUD Pasangkayu sudah layak menjadi RSUD tipe C” ujarnya.

Di tempat  yang sama Direktur RSUD Pasangkayu, dr. Willy Patana Salu, S.Pb. Ia kepada awak media menjelaskan bahwa indikator mutu RSUD Pasangkayu sudah sesuai target dan akan tetap dipertahankan capaiannya.

“Upaya perbaikan dilakukan melalui metode PDSA atau PDCA”, ujar Willy.

“Untuk indikator mutu yang belum mencapai target InsyaAllah secepatnya ditingkatkan”, tambahnya.

Sementara itu, Komite Survey drg. Iswanto Tandaan, M.PH dalam sambutannya mengatakan bahwa akreditasi RS merupakan suatu proses, dimana suatu lembaga independen melakukan asesmen terhadap rumah sakit.

Ia menjelaskan bahwa tujuan akreditasi itu untuk menentukan apakah RS tersebut memenuhi standar yang dirancang untuk memperbaiki keselamatan dan mutu pelayanan.

“Kami berkesimpulan bahwa RSUD Pasangkayu sangat memadai untuk manjadi Rumah Sakit Tipe C, walaupun baru setahun sebagai Rumah Sakit BLUD”, tuturnya.

Ia berharap semoga Pemerintah Daerah Kabupaten Pasangkayu memberi atensi khusus sehingga RSUD Pasangkayu dapat menjadi rumah sakit rujukan regional di Sulawesi Barat.

Laporan: (RD/SYL)