Ketua BPD Padang Manis Akui Adanya Kegiatan Piktif Di Desa Padang Manis BS, APH di Minta Turun

BENGKULU103 Dilihat

Ketua BPD Padang Manis Akui Adanya Kegiatan Piktif Di Desa Padang Manis BS.

Kabardaerah.com, Bengkulu Selatan – Sangat disayangkan yang terjadi di Desa Padang Manis Kecamatan Manna kabupaten Bengkulu Selatan. Bagaimana tidak, ketua BPD desa  Padang Manis telah terbuka untuk membeberkan adanya indikasi penyelewengan dana DD yang di lakukan kepala desa Desa Padang Manis Kecamatan Manna

Demi untuk menyelamatkan kerugian negara, akibat Kades Padang Manis menguntungkan diri sendiri, dengan cara Fiktifkan kegiatan yang di Biayai oleh anggaran dana Desa.

Untuk di ketahui pada kegiatan peningkatan kapasitas BPD di Desa Padang Manis, Pemerintah Desa Padang Manis Kecamatan Manna tidak melaksanakan kegiatan tersebut, namun dana yang sudah di anggarkan di bagikan terhadap seluruh anggota BPD, demikian juga dengan narasumber kegiatan tersebut  manipulasi laporan guna mengelabui tim audit dari inspektorat saat melakukan pemeriksaan pengelolaan anggaran.

Ketua BPD Padang Manis Suhaimi saat dikonfirmasi membenarkan adanya kegiatan yang di Fiktipkan, namun menurut dia (ketua BPD) hal itu dilakukan atas kesepakatan pemerintah Desa Padang Manis termasuk Kepala Desa Padang Manis.

“Atas adanya permintaan BPD untuk kenaikan honor, Pemerintah Desa Padang Manis memberikan solusi dengan piktifkan kegiatan peningkatan kapasitas BPD, namun meskipun Piktif kami tetap mengeluarkan pajak, buat berita acara, spanduk kegiatan, serta narasumber” Beber Suhaimi selaku ketua BPD Padang Manis, rabu (28/6/2023)

Arlisan selaku TPK kegiatan peningkatan kapasitas BPD di dampingin dengan sekretaris Desa Padang Manis Muldani saat dikonfirmasi di kantor Desa Padang Manis menyatakan “jangan dulu soalnya itu kesepakatan kades, jadi konfirmasi saja langsung dengan kepala Desa. Karena dulu BPD minta naikkan gaji, namun belum dapat dinaikkan oleh sebab itu dibuatlah sistem yang demikian” , ungkapnya.

Sementara itu Kepala Desa Padang Manis Hartan menyatakan “Sebelum berita ini diangkat kita bertemu dulu adinda, setiap permasalahan pasti ada jalan keluar” terang Kades.

Dengan adanya berita ini di terbitkan kiranya pihak terkait baik APH dapat menjadikan berita ini sebagai pintu masuk untuk melakukan audit di Desa Padang Manis, karena dengan adanya kejadian tersebut keuangan Desa Padang Manis jelas mengalami kerugian. (JS)