Peduli Kesehatan Anak Belita, Pemdes Karang Cayo dan Puskesmas Pagar Gading Lakukan Posyandu Secara Rutin

BENGKULU61 Dilihat

 Pemdes Karang Cayo BS Lakukan Kegiatan Posyandu Secara Rutin

Kabardaerah.com,Bengkulu Selatan – Demi menjaga kesehatan terhadap anak belita di wilayahnya, Pemerintah Desa Karang Cayo Kecamatan Pino, Kabupaten Bengkulu Selatan melaksanakan Kegiatan posyandu secara rutin.,yang nantinya akan dilaksanakan setiap bulan.

Kegiatan Posyandu ini dilakulan pemerintah Desa Karang Cayo, pada jum,at (30/6/2023) sebagai upaya maksimalkan pelayanan kondisi perkembangan kesehatan bagi anak- anak balita.

Dalam pelayanan Kegiatan Posyandu ini ada beberapa metode yang dilakukan oleh tim kesehatan. diantaranya yakitu melakukan penimbangan terhadap anak, sehingga berat pertumbuhan anak tersebut tetap terkontrol dan dapat mengetahui anak tersebut ada gejala gizi buruk atau tidak.

“Demi untuk mensukseskan kegiatan ini, kami dari jajaran Pemdes Karang Cayo Kecamatan Pino Raya bekerjasama dengan tim Kesehatan dari Puskesmas Pagar Gading Kecamatan Pino Raya, terutama melakukan pememeriksaan kesehatan anak bayi, sehingga bisa mengetahui kondisi anak- anak jika ada penyakit yang sulit untuk di sembuhkan” Kata salah salah satu Tim kesehatan dari Puskesmas Karang Pagar Gading saat ditemui wartawan di tempat kegiatan berlangsung.

 

Ia juga menyebut, Pemerintah Desa Karang Cayo dalam mensukseskan program ini mereka fasilitasi posyandu yang melibatkan kader-kader Posyandu balita Desa Karang Cayo Kecamatan Pino Raya kabupaten Bengkulu Selatan., posyandu ini merupakan salah satu program prioritas pemerintah Desa Karang Cayo sebagai bentuk kepedulian kesehatan masyarakat dan anak- anak Belita.

“Dengan adanya kegiatan posyandu yang di fasilitasi oleh pemerintah Desa, kami sebagai tenaga kesehatan sangat  mendukung program pemerintah Daerah, dan Pemerintah Desa Karang Cayo dalam mencegah dan penanggulangan stunting, yang memang merupakan salah satu program pokok Kabupaten Bengkulu Selatan.” Jelasnya

Kepala Desa Karang Cayo Kecamatan Pino Raya Yupizer saat dikonfirmasi menyatakan, kegiatan posyandu ini sangat kita dukung dan akan kita laksanakan secara berkesinambungan dan rutin seperti Peningkatan gizi, yang mana sasaran utamanya bayi dan balita, Peningkatan gizi pemberian penyuluhan tentang ASI, status gizi balita, MPASI, Imunisasi, Vitamin A, dan stimulasi tumbuh kembang anak.

” Maka kami dari Pemdes Karang Cayo, Bersama Tim Kesehatan dari Puskesmas Pagar Gading menghimbau agar masyarakat Rutin membawak anak- anaknya agar mengikuti  kegiatan Posyandu ini. Kami juga bersama masyarakat Desa Karang Cayo mengucapkan terima kasih kepada Tenaga Kesehatan dari Puskesmas. Karena menurut kami Program Posyandu terhadap Anak Bayi ini memang perlu dilakukan, lantaran tidak hanya membantu meringankan beban masyarakat, akan tetapi  dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatan anak mereka masing- masing” Pungkas Yupizer.” (Ep)