7 Oleh-oleh Makanan Khas Surabaya yang Istimewa untuk Orang Terdekat

TERBARU446 Dilihat

 Tempat wisata bukan satu-satunya hal yang paling dirindukan ketika berlibur ke suatu daerah. Biasanya makanan khas dan oleh-oleh juga punya tempat tersendiri di hati sehingga bikin wisatawan ingin kembali lagi. Salah satu destinasi liburan di Indonesia yang populer dengan beragam oleh-oleh super lezat adalah Surabaya.

Sekarang, Anda bisa mewujudkan rencana liburan jauh hari maupun dadakan dengan mudah karena tiket pesawat Jakarta-Surabaya dapat dipesan melalui Traveloka. Sistem Traveloka selalu siap membantu Anda mendapatkan tiket pesawat dengan harga terbaik dan jadwal sesuai kebutuhan. Lebih hebatnya lagi, proses reschedule dan refund tiket pesawat Traveloka dapat diurus secara praktis tanpa menyita banyak waktu.

Jika urusan akomodasi sudah terselesaikan dengan bantuan Traveloka, maka selanjutnya Anda tinggal merencanakan waktu terbaik untuk berburu oleh-oleh makanan Surabaya ini sewaktu berlibur:

Kue Spikoe

Liburan ke Surabaya rasanya belum lengkap tanpa membeli kue spikoe sebagai oleh-oleh. Kelezatan lapis Surabaya memang sudah melegenda dan populer sebagai buah tangan. Lapis Surabaya tahan beberapa hari bila diletakkan pada suhu ruangan sehingga tidak mudah basi bila dijadikan oleh-oleh. Kini, ada berbagai merek spikoe yang bebas Anda pilih sesuai selera dan bujet. Pastikan bahwa Anda sudah mencermati tanggal produksi dan kedaluwarsanya sebelum menentukan pilihan.

Sambal Bu Rudy

Surabaya juga identik dengan oleh-oleh makanan khas berupa Sambal Bu Rudy. Anda bisa belanja oleh-oleh sampai puas bila mengunjungi Depot Bu Rudy di beberapa kawasan Surabaya. Ada tiga varian Sambal Bu Rudy yang paling populer, yaitu sambal bawang, sambal bajak, dan sambal hijau. Depot Bu Rudy juga menyediakan bermacam-macam oleh-oleh makanan lainnya, seperti udang goreng, renyah, empal, teri kacang balado, dan baby cumi mercon. Semua oleh-oleh makanan di Depot Bu Rudy dikemas secara modern dan higienis sehingga cocok dijadikan buah tangan untuk orang-orang terdekat.

Ikan Asap

Pencinta hidangan berbahan dasar ikan tentu tak boleh melewatkan kesempatan membeli ikan asap saat berlibur ke Surabaya. Olahan ikan asap khas Surabaya dikenal bermutu karena terbuat dari daging ikan segar berukuran besar. Proses pengolahan yang panjang membuat ikan asap tahan lama meskipun tidak disimpan di lemari pendingin. Oleh-oleh ini dapat dikreasikan menjadi beragam jenis makanan, seperti ikan asap balado, mangut ikan, dan ikan asap kuah kuning.

Almond Crispy

Penganan kue kering ala Surabaya yang bernama Almond Crispy juga populer sebagai oleh-oleh dalam kurun waktu satu dekade terakhir. Teksturnya sangat tipis sehingga terasa renyah dan nikmat karena dipadukan dengan aneka topping seperti kacang almond dan parutan keju. Ada tiga varian almond crispy yang bebas Anda pilih, yaitu original, cokelat, dan matcha. Jadi, tak mengherankan jika oleh-oleh bernuansa modern ini disukai seluruh kalangan usia.

Belinjo Udang

Kalau biasanya emping hanya terbuat dari bahan dasar melinjo, lain halnya dengan belinjo udang khas Surabaya. Camilan garing ini terbuat dari campuran melinjo, udang, dan aneka bumbu sehingga cita rasanya lebih gurih. Saat ini, belinjo udang Surabaya dijajakan dalam bentuk mentah dan matang sehingga Anda bebas memilih jenis yang paling pas sebagai buah tangan.

Siropen Telasih

Wisatawan yang berlibur ke Surabaya biasanya juga tergugah membeli Siropen Telasih sebagai buah tangan. Merek sirup kebanggaan Surabaya ini sudah dijual sejak tahun 1923. Keistimewaannya terletak pada bahan-bahan berkualitas tanpa pemanis buatan sama sekali. Ada 3 kategori sirup Siropen Telasih, yaitu sirup biasa, sirup premium, dan sirup khusus restoran. Pilihan rasanya juga sangat beragam hingga mencapai 30 jenis, antara lain mawar, leci, coco pandan, frambozen, dan hazelnut.

Sirup Buah Mangrove

Ada satu lagi rekomendasi oleh-oleh khas Surabaya yang tak dapat Anda temukan di tempat lain, yaitu sirup buah mangrove. Kawasan hutan mangrove Surabaya bukan hanya menjadi sarana pelestarian ekosistem pantai dan objek wisata, tetapi juga menghasilkan buah yang bisa diolah menjadi minuman. Sirup buah mangrove tak cuma memberikan sensasi segar, tetapi juga efektif meredakan panas dalam, mencegah flu, serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Di antara ketujuh oleh-oleh makanan khas Surabaya tersebut, manakah yang paling menarik perhatian Anda?

Mari segera mewujudkan rencana liburan ke Surabaya dalam waktu dekat dan siapkan bujet yang memadai untuk belanja oleh-oleh sampai puas. Ada Traveloka yang selalu sigap membantu memenuhi kebutuhan akomodasi perjalanan Anda.