Pj.Bupati Tapin bersama Sekda dan Ketua DPRD Pimpin Musrenbang Kecamatan Tapin Selatan dan Salam Babaris

 

Tapin.KabarDaerah.com – Musrenbang penyusunan  RKPD   Kecamatan untuk pembangunan tahun anggaran 2025 di Kabupaten Tapin masih terus berlanjut.

Pasca sehari  sebelumnya, Senin (26/2) dilaksanakan di Kecamatan Candi Laras Selatan dan Candi Laras Utara, kali ini Musrenbang digelar di Kecamatan Salam Babaris dan Tapin Selatan.bertempat di Kecamatan Salam Babaris Kabupaten Tapin,Kalsel.Selasa (27/2/2024).

Hadir Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin, Sekda H.Sufiansyah, Ketua DPRD Tapin H.Yamani, Kepala SKPD lingkup Pemkab Tapin, Camat Tapin Selatan dan Salam Babaris serta seluruh Kepala Desa beserta Lurah diwilayah setempat dan tokoh masyarakat lainnya.

Pj. Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin mengatakan,  Musrenbang  Kecamatan adalah momentum untuk merumuskan serta menentukan arah kebijakan dan prioritas   pembangunan   diwilayah Kecamatan hingga pelosok Desa di tapin untuk tahun mendatang.

Dikatakan Syarifuddin, Salam Babaris dan Tapin Selatan ini merupakan Kecamatan yang ke 9 dan 10 dari 12 Kecamatan di Kabupaten Tapin pada tahun 2024 yang telah melaksanakan Musrenbang untuk penyusunan RKPD tahun 2025 nanti.

“Ada banyak usulan,masukan juga saran baik dari Pemerintah Kecamatan, Desa maupun masyarakat pada Musrenbang Kecamatan  untuk penyusunan RKPD Kabupaten Tapin tahun 2025 mendatang ini”,ujar Muhammad Syarifuddin.

Dari kiri ke kanan, Staf Ahli Pemkab Tapin, Pj. Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin, Ketua DPRD Tapin H. Yamani, Sekda H.Sufiansyah,(Foto:Ron).

Ia berharap, semua usulan masyarakat pada Musrenbang di seluruh Kecamatan saat ini,dapat direalisasikan tahun 2025 mendatang dan selaras dengan prioritas pembangunan serta menyesuaikan kemampuan keuangan daerah.

Disamping itu Muhammad Syarifuddin mengharapkan adanya keseimbangan antara pembangunan infrastruktur dengan pembangunan SDM,diantaranya tentang pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

“Kalau berimbang antara pembangunan infrastruktur dengan SDM masyarakat, otomatis daerah akan berkembang dan berdampak pada kesejahteraan warga”,
tandas Pj.Bupati Tapin.

Sementara,Camat Tapin Selatan, Reza Al Ghifari mengharapkan,Pemkab Tapin dapat mendorong sebuah kebijakan terkait pengembangan ekowisata bekantan lokbuntar yang saat ini dikelola perusahaan tambang batubara.

Ia berharap agar ekowisata konservasi bekantan lokbuntar yang keberadaannya sudah jadi perhatian nasional bahkan sebagian negara luar ini bisa membawa dampak secara ekonomi yang lebih meluas lagi terhadap masyarakat sekitar.

“Kami berharap program pembangunan infrastruktur pemkab tapin untuk wilayah tapin selatan tahun 2025 nanti, dapat terkorelasi dengan harapan dan upaya masyarakat agar dapat ikut andil pada pengembangan ekowisata ini “, harap Camat Tapin Selatan.

Selain itu sejumlah usulan perbaikan infrastruktur seperti jalan desa dan jalan tani serta pengembangan ekonomi kerakyatan juga diusulkan oleh hampir seluruh pemerintahan desa di dua Kecamatan (Tapin Selatan dan Salam Babaris).(Ron.