Kampanye Wajib Halal Oktober (WHO) Desa Wisata se-Indonesia Tkt kabupaten 50 kota Di Lembah Harau

BERITA309 Dilihat

Limapuluh Kota.KabarDaerah.com – Limapuluh Kota-Kabardaerah Sabtu 4 Mei 2024. Kementrian Agama Propinsi Sumatra Barat mencanangkan Wajib Halal Oktober(WHO) layanan sertifikat Halal serentak di 3000 Desa se-Indonesia, untuk Kabupaten Limapuluh Kota kegiatan ini diadakan di Desa Wisata kawasan Destinasi Lembah Harau.

Kegiatan wajib halal Oktober yang dihadiri Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt. Bandaro Rajo dan juga bekerjasama dengan Stakeholder di Pemerintahan Kabupaten Limapuluh Kota: Kanwil kementriaan Agama Propinsi Sumatra Barat dan Kementrian Kabupaten Limapuluh Kota, Bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga , Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM, Dinas Perindustrian Tenaga kerja, serta Dinas Kesehatan, dinas DPMPTSP, dinas Lingkungan hidup BKSDA, kabupaten Limapuluh Kota. Hadir juga beberapa Wali Nagari, para pendamping Label Halal Kabupaten Limapuluh Kota dan juga dihadiri para usaha UMKM yang akan menerima langsung Sertifikat Halal.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Syukri Anda,S.H,M.H. Dalam hal ini sebagai tuan rumah karena lokasi ada dikawasan Lembah Harau tepatnya di Taman Budaya Lembah Harau menyampaikan bahwa desa wisata yang masuk dalam jadesta merupakan rumah tempat bertumbuh nya UMKM dan merekalah yang menjadi sasaran sertifikasi halal dalam rangka menyambut MOSLEM FRIENDLY TOURISM di 50 Kota.

Dalam acara siang ini Safarudin Dt Bandaro Rajo selaku Bupati limapuluh kota menyampaikan.
Sertifikat Halal diberikan untuk melindungi Konsumen Muslim terhadap produk makanan yang tidak Halal dan terlindungi dari hal-hal baik dari segi kesehatan maupun dari perintah agama.

Negara memberikan kebijakan melalui peraturan Pemerintah No 39 bahwa mulai Tanggal 18 Oktober 2024 semua Produk yang dilahirkan oleh pelaku usaha harus memiliki label Halal bekerjasama dengan Kementrian agama.
Menurut Bupati Kuliner Limapuluh Kota gurih dan nikmat sekali bikin kita ketagihan. bukan hanya bisa rasa yang enak, tapi ada rasa yang khas Limapuluh kotanya jangan sampai hilang.

Acara yang diadakan di Taman Budaya yang baru bangun Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga berlangsung disambut meriah oleh masyarakat.

Penulis(Mus Mulyadi)