Pj Bupati Tapin Minta Kepala Desa/Lurah Sosialisasikan Pelaksanaan Pilkada 2024

 

Tapin.KabarDaerah.com – Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin meminta seluruh Kepala Desa atau Lurah di Kabupaten Tapin untuk sosialisasikan kepada warganya didaerah masing – masing tentang pelaksanaan Pilkada tahun 2024.

Hal itu disampaikan Penjabat Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin saat memimpin giat sosialisasi tahapan dan kesiapan Kabupaten Tapin dalam Pilkada serentak tahun 2024 bersama Jajaran Forkopimda dan Penyelenggara Pemilu, bertempat di Aula Tamasa Kantor Bupati Tapin, Rantau, Senin (6/5/2024).

Diketahui, berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) RI nomor 2 tahun 2024 tentang tahapan dan jadwal pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati dan Walikota/ Wakil Walikota tahun 2024,Pilkada serentak akan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 27 November 2024 mendatang.

Pj Bupati Tapin Muhammad Syarifuddin mengharapkan,pesta demokrasi yang dijalani bersama ini dapat berjalan dengan kondusif,aman dan lancar.

“Saya percaya, dengan pengalaman yang dimiliki dalam penyelenggaraan pemilu – pemilu sebelumnya,kita memiliki bekal yang cukup untuk mempersiapkan Pilkada 2024 ini agar lebih baik lagi dibandingkan Pilkada sebelumnya”, ujar Muhammad Syarifuddin.

Menurutnya, momentum waktu yang masih tersisa lebih kurang 6 bulan ini harus dimanfaatkan sebaik – baiknya, untuk meningkatkan kapasitas teknis persiapan Pilkada,memperbaiki kekurangan yang ada serta memperbaiki permasalahan yang mesti diselesaikan.

“Juga,mengatasi kendala dan kelemahan yang masih ada.Ini harus segera kita selesaikan bersama – sama”, ujarnya.

Kemudian kata Syarifuddin,juga harus membangun inovasi agar Pilkada semakin berkualitas dan agar proses hasilnya mendapatkan dukungan yang luas dari masyarakat.

“Sehingga, partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Pilkada tahun ini akan semakin meningkat lagi, dibandingkan pelaksanaan Pilkada tahun 2019 lalu”, harap Muhammad Syarifuddin.

Ia mengharapkan, tahapan pelaksanaan Pilkada Bupati dan Wakil Bupati Tapin, Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel yang pelaksanaannya bersamaan itu, dapat tersosialisasi dan terinformasikan kepada masyarakat disegala lapisan, baik yang berada di gunung,di rawa dan di desa maupun di kota.

“Kepada Kepala Desa atau Lurah,ayo sampaikan kepada masyarakat, manfaatkan media yang ada di lingkup wilayahnya masing-masing”,pintanya.

Pj Bupati juga mengajak penyelenggara pemilu (KPU dan Bawaslu) untuk intens berkoordinasi, sehingga pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Tapin,Kalsel, dapat berjalan sukses dan lancar.

Sementara itu,Ketua KPU Tapin Fakhrian Noor melaporkan, progres Pilkada 2024 di Kabupaten Tapin sedang rekrutmen PPK dan PPS serta mulai penerimaan data dukungan syarat pencalonan Bupati/ Wakil Bupati perseorangan.

“Hingga saat ini belum ada Calon Bupati/Wakil Bupati Tapin perseorangan yang menyerahkan berkas ke KPU Tapin”, pungkasnya.(Ron).