Petani Kesulitan Pasokan Air

TERBARU203 Dilihat
Ilustrasi.

BULUKUMBA, KABARDAERAH.COM – Petani di Desa Anrihua, Kecamatan Kindang, Bulukumba, kesulitan mendapat pasokan air. Lahan pertanian di wilayah tersebut terancama tidak dapat berproduksi dengan baik lantaran kekurangan air. Padalah, tanaman padi di desa tersebut sudah sangat membutuhkan air.

Kurangnya pasokan air untuk lahan persawahan di Desa Anrihua disebabkan irigasi rusak karena longsor. Kejadian tersebut sudah terjadi beberapa waktu lalu.

Kepala Desa Anrihua, Ramli Lampe, Jumat (7/7), menjelaskan, saluran irigasi yang longsor merupakan irigasi induk yang mengairi areal persawahan di Kecamatan Kindang.

Menurutnya, irigasi yang rusak itu termasuk irigasi besar. Rusaknya irigasi di Desa Anrihua tidak hanya berdampak kepada petani yang ada di desa Anrihua, tapi petani di Kecamatan Kindang yang ikut merasakan kekurangan pasokan air.

Irigasi yang rusak itu dibangun puluhan tahun lalu dan itu menjadi tumpuan bagi petani untuk memperoleh pasokan air. Ramli berharap pemerintah daerah segera melakukan perbaakan.

Kepala Bidang Pelaksana Jaringan dan Pemanfaatan Air Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Bulukumba, Saing, mengaku, sudah menerima laporan terkait rusaknya irigasi di desa Anrihua akibat longsor. “Perbaikan irigasi di Desa Anrihua akan segera dilakukan,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan