Gubernur Sulut: Jadikan Indonesia Poros Maritim

SULUT.KABARDAERAH.COM- Gubernur Olly Dondokambey mengajak warga masyarakat Sulut untuk menjadikan Indonesia poros maritim dunia dengan mengembalikan kejayaan maritim nusantara, apalagi keinginan besar pejuang dan pendiri bangsa menjadikan nusantara sebagai kekuatan dalam pembangunan.

Hal itu disampaikan Gubernur dalam sambutan yang dibacakan Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Rudi Mokoginta, SE, M.TP.Peringatan Hari Nusantara yang digelar melalui upacara di halaman kantor Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Selasa (12/12)

“Sebagai generasi penerus kita harus mewujudkan keinginan itu sebagai sumber kekuatan bangsa menjadi negara yang kuat, sejahtera dan berdaulat” ungkapnya.

Sebabnya Gubernur berharap semua komponen masyarakat Sulut kedepannya wujudkan kejayaan maritim dan menetapkan poros maritim sebagai visi bagi kejayaan nusantara sebagai cita-cita pembangunan bangsa Indonesia.

“Berdasarkan rasionalitas sederhana bahwa bangsa ini bangsa yang hidup dan tinggal di wilayah yang terdiri dari pulau-pulau dan saling terhubung melalui sektor kelautan,” ujarnya.

Lanjut dikatakan Gubernur dalam sambutannya itu,”semua pemangku kepentingan agar hal ini dapat dicapai dalam gerak langkah menjaga, mempertahankan kemanan dan pertahanan dengan basis maritim, serta mengkombinasikan kekuatan ekonomi yang solid dalam konsep kemaritiman,”ketusnya.

Diketahui potensi wilayah Provinsi Sulawesi Utara salah satu daerah kepulauan yang terletak pada 0030′ – 5035′ LU dan 123030′ – 127000′ BT, mempunyai luas perairan 454.481 km2 yang terdiri dari laut teritorial seluas 264.481 km2 dan perairan ZEE seluas 190.000 km2, dengan panjang perairan pantai 1.837,29 km.

Selain itu Sulut memiliki posisi geografis strategis terletak di bibir pasifik tentunya dapat memberikan kontribusi besar dalam mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Upacara perigatan hari nusantara itu turut dihadiri Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs.John Palandung, M.Si, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Ir. Ronald Sorongan, M.Si dan para pejabat Pemprov Sulut serta aparatur sipil negara lainnya. **

(yongkie.s)