Sidimpuan Kekurangan Sarana Permainan Anak

DAERAH, TERBARU184 Dilihat

SUMUT.KABARDAERAH.COM-  Kota Padangsidimpuan kekurangan sarana permainan anak. Hal ini dirasakan sekali oleh warga kota Salak itu, dengan membludaknya sarana permainan anak yang berada di lantai 3 Plaza Kota Padangsidimpuan, Minggu (24/12).

Salah satu pengunjung, Yulia Mardona (26) mengaku susah mencari tempat sarana bermain anak yang aman dan nyaman. Satu-satu pilihannya adalah Plaza Kota.

“Kalau tempat wisata sulit disini, beberapa lokasi yang dianggap tempat wisata, itu tidak menyediakan lokasi bermain anak,” ujarnya kepada kabardaerah.com.

Ia menyebutkan beberapa lokasi yang dijadikan tujuan utama untuk bermain, terutama untuk mengisi waktu libur.

Bagi Yulia, Plaza Kota menjadi tujuan utama wisata di kota Padangsidimpuan. Ada bukit Simarsayang yang menyuguhkan pemandangan kota Padangsidimpuan, namun lingkungan alam lepas itu tidak layak untuk anak-anak.

Selain itu, ada kebun sawit di jalan baru, Kota Padangsidimpuan. “Kalau dijalan baru itu tidak tempat wisata, hanya saja warga sepakat berkumpul disana membawa keluarga untuk memadati kebun itu, di sana ada penjual makanan dan minuman bagi para pengunjung,” terangnya.

Ia mengatakan, lokasi kebun sawit itupun tidak layak untuk anak-anak.

Warga asal Sumatera Barat itu melanjutkan, satu lagi lokasi yang dijadikan tempat bersantai oleh warga kota adalah Tugu Salak yang terdapat di sudut keramaian kota. Tempat ini selalu ramai di sore hari. Hanya berjarak 100 meter dari kantor Walikota Padangsidimpuan.

Dijadikannya Plaza Kota sebagai tujuan liburan warga Padangsidimpuan dibenarkan oleh Desi, penjaga pintu masuk sarana bermain anak. Katanya, di hari-hari libur, pengunjung sesak-padat sementara di hari biasa, pengunjung kurang ramai.

Sementara itu, Icol Dianto, dosen Pengembangan Masyarakat di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi IAIN Padangsidimpuan menilai, kekurangan lokasi bermain atau tempat wisata yang layak untuk semua umur, menjadi peluang investasi.
“Barangkali Walikota dan DPRD setempat perlu juga memikirkan kebutuhan warga kota, karena rekreasi merupakan kebutuhan dasar bagi warga kota,” sebutnya.

Apakah Padangsidimpuan tidak punya lokasi yang tepat untuk tempat wisata? “Padangsidimpuan memiliki lokasi-lokasi yang menyuguhkan pemandangan kota yang indah, beberapa perbukitan yang berada ditengah kota, dapat dijadikan pusat wisata. Namun tidak mudah, memang harus dipikirkan oleh mereka yang senang berwisata, konsultan wisata dan investor,” tutupnya. ***

(Hari/rel)