Pengakuan AS Yerusalem Ibukota Israel Dikecam Pemimpin Kristen Palestina

YERUSALEM.KABARDAERAH.COM- Pemimpin agama Kristen Palestina telah mengecam pengakuan AS atas Yerusalem sebagai ibukota Israel menyebutnya sebagai “penghinaan” terhadap umat Islam dan umat Kristen di seluruh dunia.

“Kami, orang-orang Palestina, Kristen dan Muslim menolak pengakuan AS atas Yerusalem sebagai ibukota Israel,” kata Uskup Agung Ortodoks Yunani Atallah Hanna pada sebuah kegiatan  perayaan Natal di kota Bethlehem, Tepi Barat, Senin (25/12/2017).

“Pernyataan ini merupakan penghinaan terhadap rakyat kita dan karena alasan kita,” katanya.

Dia mengatakan bahwa keputusan AS adalah “sebuah penghinaan terhadap orang-orang Kristen dan Muslim di seluruh dunia, yang menganggap Yerusalem sebagai inkubator warisan spiritual dan nasional mereka yang paling suci”.

Hanna mengingatkan bahwa keputusan AS itu “berbahaya” bagi Palestina.

“AS memberi pendudukan apa yang tidak pantas bagi mereka,” katanya, “Yerusalem adalah kota yang kita anggap sebagai ibukota kita dan sebuah inkubator dari tempat suci kita.”

Pada tanggal 6 Desember, Presiden AS Donald Trump secara resmi mengakui Yerusalem sebagai ibukota Israel meski mendapat tentangan di seluruh dunia. Keputusan tersebut memicu demonstrasi marah di seluruh dunia Muslim.

Setelah sebuah resolusi Dewan Keamanan PBB lolos dengan suara bulat namun untuk hak veto AS, Majelis Umum PBB mengeluarkan sebuah resolusi yang menolak langkah AS tersebut dengan 128-9 suara.

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan pejabat tinggi Turki lainnya telah berada di garis depan internasional yang menentang langkah AS tersebut, dengan mensponsori resolusi UNGN dan mengadakan pertemuan darurat Organisasi Kerjasama Islam (OKI.

Yerusalem tetap menjadi jantung konflik Timur Tengah dengan orang-orang Palestina yang berharap bahwa Yerusalem Timur – yang diduduki oleh Israel – pada akhirnya dapat berfungsi sebagai ibukota negara merdeka di Palestina.

Proyek Kolonial

Hanna mengatakan bahwa pelanggaran Israel menargetkan semua orang Palestina, apakah Muslim atau Kristen dan tempat suci mereka di Yerusalem.

“Ketika kita semua berdiri untuk mempertahankan Masjid Aqsa, kita akan membela warisan orang Kristen,” katanya.

“Bersama-sama kita akan menghentikan proyek kolonial baru Trump yang bertujuan untuk mengakhiri perjuangan Palestina,” tegasnya.

Munib A. Younan, uskup Gereja Lutheran Injili Yordania dan Tanah Suci, mengatakan bahwa Yerusalem adalah ibukota dari tiga agama – Islam, Kristen dan Yudaisme – dan ibukota dua bangsa.

Dia menekankan bahwa Gereja Lutheran Injili menolak perubahan status historis Yerusalem.

“Siapa pun yang mencoba mengubahnya [status quo] ingin mengubah alasan ini menjadi perang agama,” katanya. ***

(st/MeMo)