Jangan Ada Tumpang Tindih, Pembangunan Harus Memihak Masyarakat

TERBARU64 Dilihat

SUMBAR.KABARDAERAH.COM-  Sinergi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Agam, mendorong pembangunan bersama-sama  dengan pemda Agam membuahkan hasil yang signifikan. Pembangunan secara fisik maupun masyarakat berjalan maksimal.

Hal itu juga terlihat jelas dalam Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) tahun 2017 beberapa waktu lalu yang diaampaikan oleh bupati. Kekompakan dewan dan pemerintah juga diwarnai senda gurau selesai  Rapat.

Ketua DPR Agam Marga Indra, Kamis, mengungkapkan,  menyambut baik pembangunan yang sudah berjalan selama ini. Menurutnya Agam berada pada trek yang benar dalam pembangunan. LKPJ adalah cerminan pembangunan di kabupaten Agam.

Tidak hanya fisik capaian prioritas pembangunan daerah Kabupaten Agam tahun 2017 juga memperkuat pemahaman dan pengalaman nilai-nilai keislaman serta pelestarian adat dan budaya salingka nagari. Pembangunan sumber daya manusia, dan lain sebagainya sesuai dengan 9 program prioritas Kabupaten Agam.

Meski demikian ia mengingatkan masih Banyak pekerjaan yang mesti dituntaskan. Begitu juga target-target yang belum dicapai. Secara prinsip dewan akan terus maksimal mengawal pemerintah daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan.

“Beberapa indikator pada prioritas pembangunan yang masih belum memenuhi target, maka ini harus menjadi perhatian  untuk dicapai pada beberapa tahun mendatang dengan mengoptimalkan pembinaan, fasilitasi kegiatan-kegiatan yang berkaitan langsung dengan peningkatan kehidupan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Agam mengungakapkan, LKPJ merupakan salah satu dari tiga kewajiban Kepala Daerah yang harus disampaikan setiap akhir tahun anggaran. Capaian sangat baik secara keseluruhan. Pembangunan pastinya berpihak pada ketahanan ekonomi masyarakat.

Semua sudah diasampaikan, laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) kepada Menteri Dalam Negeri melalui gubernur. Kedua, ringkasan LPPD kepada masyarakat bersamaan dengan penyampaian laporan yan ada di daerah, dan yang ketiga yaitu, LKPJ kepada DPRD sebagai bahan pembahasan untuk rekomendasi perbaikan penyelenggara Pemda.

Dalam kesempatan itu Rapat tersebut dibuka oleh Wakil Ketua DPRD Agam Suharman didampingi Wakil Ketua Taslim. Pada kesempatan itu juga dihadiri oleh Asisten I Sekda Agam Rahman, Sekretaris DPRD Indra, Anggota Dewan dan Kepala OPD di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Agam.

(gunawan/rel)