Inilah Prediksi Lima ‘Vote Getter’ Bacaleg Golkar Dapil Satu DPRD Tomohon

LIPUTAN KHUSUS64 Dilihat

TOMOHON.KABARDAERAH.COM –Kendati partai golkar masih menutup rapat siapa kandidat bakal calon legislatif (Bacaleg) yang akan ditetapkan maju pada pemilu 2019 mendatang.

Tapi tidak dipungkiri sejumlah Vote Getter (figur populer) yang diprediksi mampu mendongkrat suara guna meraup kursi DPRD Tomohon di Daerah Pemilihan (Dapil) sepertinya telah dipersiapkan.

Seperti halnya prediksi vote getter bacaleg golkar di Dapil 1 (satu) yang meliputi Kecamatan Tomohon Tengah, Timur dan Barat antara lain ada nama James E Kojongian (JEK), Maria H Pijoh (MHP), Ladys F Turang (LFT), Sendy G.A.Rumajar (SEGAR), Christo Bless Eman (CBE).

Kelima bacaleg ini kans meraup simpatik dan dukungan suara, apalagi masing-masing punya basis massa jelas termasuk penyebaran suara dukungan.

Salah satu pemerhati politik Ferdinand ‘Pedro’ Mantow berpendapat, pileg 2019 dengan metode hitung menghitung pada pola Sainte Lague murni maka partai politik (Parpol) menjadi wajib mengakomodir figur populer.

“Estimasi didapil 1 (satu) Tomohon untuk DPRD Tomohon Partai Golkar punya figur populer, sebab metode sainte lague mengisyaratkan vote getter/figur populer untuk meraup perolehan suara partai dan individual jadi penentu meraih kursi,” Kata Pedro, Kamis.

Dikatakan lagi,”Ada 5 (lima) estimasi bakal calon legislatif Golkar di dapil 1 (satu) yang mumpuni bakal mendulang perolehan suara bila mereka (red.Berlima) maju dan akan menguntungkan bacaleg lainnya diinternal partai dengan sistem pemilu saat ini”, ketusnya.

Diketahui saat ini dengan keberadaan undang-undang pemilu membutuhkan figur populer meraup dukungan merebut perolehan suara untuk mendapat prosentasi kursi.Karenanya menjadi isyarat bagi partai politik merangkul figur populer, sebab Pileg dengan metode sainte lague murni pembaginya bukan kuota kursi tetapi perolehan suara dibagi 1,3,5,7 dan seterusnya untuk urutan masing-masing kursi.**

yongkie