Afrival khair Mapa Terpilih Jadi Pemimpin ASIAN di Padang Masa Periode Jabatan 2019-2022

POLITIK27 Dilihat

SUMBAR.KABARDAERAH.COM- Suatu Kehormatan, Dosen Ilmu Administrasi Negara FIS UNP, Afriva Khaidir, MAPA, Ph.D dipercaya untuk memimpin Asosiasi Ilmuwan Administrasi Negara (ASIAN),Sabtu(16/11/19).

Pada acara puncak Kongres Asosiasi Ilmuwan Administrasi Negara(ASIAN) pada Tanggal 31 Oktober 2019, para anggota AsIAN secara aklamasi menetapkan Afriva Khaidir, MAPA, Ph.D sebagai Ketua Umum AsiAN Indonesia periode 2019-2022. Dosen Jurusan Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang(FIS UNP) tersebut dipilih oleh Anggota AsIAN menggantikan Prof. Dr. Hanif Nurcholis sebagai Ketua Umum yang baru. Adapun rombongan peserta Kongres AsIAN dari UNP adalah Afriva Khaidir, Suryanef dan Zikri Alhadi yang semuanya berasal dari FIS UNP.

Pada kegiatan Kongres tersebut, para anggota yang dipimpin oleh Ketua Umum AsIAN yang baru melakukan rapat untuk membentuk formatur dalam rangka menetapkan pengurus dan menampung usulan program serta kegiatan yang akan dilaksanakan selama periode kepengurusan. Beberapa usulan program dan kegiatan dari anggota antara lain, penguatan kapasitas organisasi ASIAN, joint research antar perguruan tinggi, advokasi dan rekomendasi kebijakan publik, kerjasama antar lembaga, dan menyeleggarakan simposium dan konferensi secara rutin.

Kongres AsiAN tersebut berlangsung di Universitas Terbuka Jakarta bersamaan dengan kegiatan Open Society Conference (OSC) yang dihadiri oleh banyak akademisi dan praktisi di Bidang Administrasi Negara dari seluruh Indonesia. Pada kegiatan OSC tersebut hadir sebagai pembicara utama, Prof. Dr. Eko Prasojo (Universitas Indonesia), Prof. Dr. Grace Javier Alfonso (UPOU Philippine), dan Dr. Lim Tai Wai (National University of Singapore).

Setelah kegiatan Kongres AsIAN selesai dilaksanakan, Afriva Khaidir selaku Ketua Umum AsIAN yang baru bersama seluruh peserta kongres bertemu dengan Pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat(MPR) RI di Gedung MPR/DPR RI di Jakarta. Rombongan peserta Kongres AsiAN diterima oleh Dr. Hidayat Nur Wahid yang merupakan Wakil Ketua MPR RI. Adapun agenda pertemuan tersebut adalah dalam rangka menjajaki kerjasama antara MPR RI dengan AsiAN untuk memberikan solusi berbagai permasalahan bangsa terutama di bidang Administrasi Negara. ***

(RSH/Red)