Dua Program Unggulan Dukcapil Kota Bengkulu Era Kepemimpinan Helmi-Dedy

BENGKULU53 Dilihat

Kota Bengkulu,Kabardaerah.com – Pemerintah Kota Bengkulu melalui Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Bengkulu terus memberikan program-program unggulan bagi masyarakat. Diantaranya program tersebut adalah ‘three in one’ dan ‘six in one’.

Drs. Widodo selaku Plt Kadis Dukcapil kota Bengkulu menjelaskan bahwa, program Three in one itu adalah mengantarkan Akte kematian, KK perubahan status pada malam ketiga atau pada malam takziah. Sedangkan untuk program Six in one itu adalah pemberian status terhadap pasangan baru.

“Ada 6 dokumen yang kita berikan, seperti ada KK, KTP perubahan status, Buku nikah yang diserahkan oleh pemerintah kota pada saat pernikahan atau saat resepsi pernikahan,” ungkapnya ketika berbincang di ruang kerjanya, Senin (10/1/2022).

Terkait program Six in one tersebut pihaknya menargetkan bahwa semua pernikahan di kota Bengkulu, begitu terjadi peristiwanya maka harus segera menyelesaikan administrasi.

Namun, hal tersebut masih lemahnya koordinasi dan kedepan pihaknya harus membangun koordinasi.

Program six in one ini terbentuk harus ada kata sepakat bersinergi  dan disitu ada lurah, KUA dan capil.

Karena itu, six in one ini bukan hanya memberikan KK dan KTP tetapi pihaknya juga harus menjaga kualitas dari pada dokumen seperti terkait pendidikan, pekerjaan, golongan darah sehingga saat dokumen itu diberikan kepada masyarakat mempunyai nilai manfaat.

“Jadi kemudahan-kemudahan itulah yang kita bangun, bagaimana kita dengan pelayanan administrasi itu memberikan kebahagian yang luar biasa kepada masyarakat khususnya masyarakat kota Bengkulu,” jelasnya.” (Rn) ADV