MPR RI Inisiasi Pembentukan Forum MPR Dunia di Bandung 24-26 Oktober 2022

BERITA UTAMA630 Dilihat

JAKARTA,KABARDAERAH.COM-Ketua MPR Bambang Soesatyo didampingi oleh Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid, Arsul Sani dan Fadel Muhammad menggelar pertemuan dengan kementerian Luar Negeri RI dan 25 Duta Besar Negara-negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI). Pertemuan bilateral tersebut berlangsung di Ruang Delegasi Lt. 2 Plaza Nusantara V MPR/DPR RI, Senin, (19/9/2022).

Bambang Soesatyo mengatakan, MPR RI akan meluncurkan Forum Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Sedunia pada 24-26 Oktober 2022 di Gedung Merdeka, Bandung, Jawa Barat.

“Sekitar 53 parlemen telah diundang oleh MPR RI untuk menghadiri acara peluncuran Forum MPR Sedunia yang berada di bawah koordinasi Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid dan Fadel Muhammad, serta dibantu jajaran Sekretariat Jenderal MPR RI. Diantaranya, Arab Saudi, Maroko, Irak, Iran, Kuwait, Lebanon, Libya, Malaysia, Palestina, Uni Emirat Arab, Qatar, Suriah, Turki, Tunisia, Afghanistan, Aljazair, Oman, dan Yordania,” kata Ketua MPR kepada wartawan di Gedung Nusantara V.

Adapun, forum tersebut akan dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo dan ditutup oleh Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin.

Sementara itu, Wakil Ketua MPR Nur Hidayat Wahid menambahkan, kegiatan tersebut untuk mewujudkan tujuan kemerdekaan Indonesia, sebagaimana tercantum dalam pembukaan UUD NRI Tahun 1945, yakni ikut serta menciptakan perdamaian dunia.

“Kami melihat bahwa Forum Lembaga Tinggi Parlemen sedunia sangat diperlukan sehingga MPR RI menginiaasi pembentukan Forum Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Sedunia yang akan digelar di Bandung, pada 24-26 Oktober 2022,” ujarnya.

Lanjutnya,setelah menginisasi Forum tersebut, kami mempublikasikan kepada beberapa Lembaga Tinggi Negara di Dunia dan mendapat respon positif. Sedikitnya akan diahadiri oleh 53 sebagaian dari Negara-negara anggota OKI. Hari ini para Duta Besar yang hadir ada 24 orang.

“Bahkan semuanya menyatakan sangat mendukung, sehingga mereka meminta dilibatkan dalam pengundangan tersebut untuk memastikan kepada Ketua-Ketua Parlemen di Negara masing-masing. Hal ini untuk menyegarkan kembali hubungan kebersamaan negara-negara di dunia. Bahkan salah satu hal yang akan dibahas adalah soal Palestina,” kata politikus PKS itu.

“Yang menarik, kita mengundang setiap negara 2 orang. Tetapi yang akan hadir lebih dari itu. Ada yang 5 ada yang 8 bahkan ada yang 10 orang. Pak Ketua MPR pun mempersilahkan kalau mereka ingin hadir lebih banyak orang,” kata fadel mengutip pernyataan para Dubes calon peserta Forum MPR Dunia.

Dijelaskan, bahwa agenda Forum MPR Dunia yang dihelat di bandung tersebut akan berlangsung mulai tanggal 24-26 Oktober 2022.

Pada tanggal 24 oktober malam akan ada diner yang kami namakan ” Welcome Candidant” yang dijamu oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwal Kamil. Lalu pada besok paginya tanggal 25 Oktober pukul 10.00 WIM acara akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Sebelum acara mulai para peserta akan berkumpul dan berjalan kaki bersama-sama dari hotel meunuji Gedung Sate yang jaraknya sekitar 200-300 meter meuju tempat acara.

“Pak Gubernur Jawa Barat dan Pak Ketua MPR Bambang Soesatyo,juga pak Nur Wahid ingin mengenang kembali spirit Asia Afrika. Ini sebagai seuatu bentuk kebersamaan. Kita harapkan,pertemuan ini akan mengahsilkan sebuah kebersamaan dalam Community,” kata Fadel.

Sedangkan Sekjen MPR Ma’ruf Cahyono mengajak wartawan untuk membantu mensukseskan kegiatan internasional Forum MPR Dunia.

“Jadi, rekan-rekan sekalian, kegiatan ini tidak hanya suksesnya MPR tapi juga kesuksesan nasional maupun internasional. Oleh karena itulah,kami mengharapkan rekan-rekan media mulai mempersiapkan dari sekarang hingga pada pelaksanaanya nanti,” imbuh nya.** (Dom).