Ini Diungkapkan Kesultanan Palembang Darussalam Selalu Bergandengan Dengan Lainnya

PALEMBANG, KABARDAERAH.COM – Pemerintah provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) dalam hal ini Gubernur Sumsel H Herman Deru bersama Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Drs H Edward Candra hadir di acara Ziarah Qubro di kawasan Pemakaman Kesultanan Kawah Tengkurep, dan diterima langsung oleh Kesultanan Palembang Darussalam Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin Sultan Palembang Darussalam

Dimana dari Kesultanan Palembang Darussalam Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin Sultan Palembang Darussalam bersama dengan lainnya menyelenggarakan dan melaksanakan Ziarah Qubro khususnya untuk di kawasan Pemakaman Kesultanan Kawah Tengkurep yang berada di Kelurahan 3 Ilir Palembang, Minggu (12/3/2023)

Dikatakan Asisten I Setda Sumsel Drs Edwar Candra, kami daripada mewakili Pemprov Sumsel dalam hal ini Gubernur Sumsel H Herman Deru sangat menyambut baik dengan adanya daripada kegiatan Ziarah Qubro ini, dimana dengan kegiatan ini kita bisa memperluas daripada syiar keagamaan keislaman terutama untuk memperkuat tali silaturahmi antar sesama.

Dikarenakan kepadatan jadwal beliau sehingga tidak bisa mengikuti hingga selesai. Serta kita memperingati daripada para pendahulu kita yang menyebar luaskan Agama Islam dari segala penjuru.

“Dimana agama Islam itu sendiri sudah dibawah oleh para pendahulu-pendahulu kita yang terdahulu yang sudah mendahului kita. Dimana kegiatan Ziarah Qubro ini sangat antusias sekali untuk diikuti oleh para Al Habib, para Auliya’ dari seluruh penjuru memadati daripada para pemakaman ini,” ujarnya.

 


Menurut Kesultanan Palembang Darussalam Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin Sultan Palembang Darussalam, dimana didalam ziarah ini kami dari Kesultanan Palembang Darussalam Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin Sultan Palembang Darussalam melakukan ziarah ke makam daripada makam Sultan, yakni Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikramo yang memerintah pada 1136 H – 1171 H/1724 M – 1758 M.

Didalam ziarah ini sendiri dari Kesultanan Palembang Darussalam Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin Sultan Palembang Darussalam bersama dengan lainnya membaca surat Yassin bersama, tahlil, berdoa bersama, dan sebagainya.

“Alhamdulillah kegiatan hari ini adalah Ziarah Qubro yang sangat luar biasa, dimana ini sudah dimulai pada tahun 2004 bahkan sampai sekarang dan terus bertambah besar,” ungkapnya.

Kemudian, dimana hanya saja beberapa tahun yang lalu saja sempat stop dikarenakan adanya wabah pandemi covid-19, dan hari ini alhamdulillah untuk jumlah peserta Ziarah Qubro sangat membludak dari yang sebelumnya.

Dimana kami dari Kesultanan Palembang Darussalam Sultan Iskandar Mahmud Badaruddin mendapat amanah dari panitia Ziarah Qubro, dimana kami menjadi tuan rumah di kawasan Pemakaman Kesultanan Kawah Tengkurep.

“Dimana kami menyambut daripada para tamu, termasuk Gubernur Sumsel, para alim ulama, para habib, para auliya, para syahadat kami terima di Kasawan Pemakaman Kesultanan Kawah Tengkurep,” katanya.

Dilanjutkannya, setelah selesai ziarah di Pemakaman Kesultanan Kawah Tengkurep, kami Kesultanan Palembang Darussalam dengan diiringi oleh puluhan ribu para ulama, Aliya’ bergerak menuju Ke Pemakaman Auliya’ Kambang Koci dengan berjalan kaki.

Dimana ini merupakan puncak daripada seluruh kegiatan daripada Ziarah Qubro untuk tahun 2023 ini. Dan terakhir kita mendengarkan dua penceramah yang membawakan tausiyah, dimana tujuannya adalah untuk dalam menyebarkan syiar-syiar Islam.

“Dimana didalam Ziarah Qubro ini sendiri para jamaah menelusuri berbagai pemakaman yang ada di kota Palembang, dimana Ziarah Qubro ini sendiri diikuti dari luar provinsi Sumsel bahkan dari negara tetangga,” imbuhnya.

Masih dilanjutkannya, alhamdulillah kegiatan Ziarah Qubro berjalan dengan lancar, serta untuk cuacanya sendiri sangat mendukung, dan hari ini merupakan puncaknya. Dimana ini merupakan salah satu wujud yang dilakukan oleh para habib, dan para ulama, karena Sultan dengan mereka semua bergandengan.

Dimana pesan kita kepada auliya, al habib, dan ulama adalah tetap kita melalukan, kita adalah hal yang tidak terpisahkan, Kesultanan Palembang Darussalam dengan para habib, ulama, dan Auliya untuk mensyiarkan syiar-syiar agama Islam.

“Dimana dalam hal Ziarah Qubro hari ini adalah untuk menyongsong bulan suci Ramadhan ke 1444 H tahun 2023, kita melakukan ziarah kubur, kita berdoa kepada para auliya, para alim ulama, para Al habib, dan orang-orang tua kita dalam memasuki bulan suci Ramadhan,” bebernya.

Begitu juga disampaikan Sekda Kota Palembang Drs Ratu Dewa, dimana saya mewakili daripada Walikota Palembang H Harnojoyo dalam kesempatan ini kami banyak mengucapkan ribuan terima kasih kepada guru-guru kami, kepada para habib, serta Auliya yang sudah menciptakan kota Palembang menjadi kota yang aman, tertib dan lancar.

“Insya Allah kita dibebaskan dan terbebaskan dari bencana-bencana yang tidak kita inginkan. Peristiwa Napak Tilas ini Ziarah Qubro sudah merupakan agenda rutin Pemkot Palembang, Sumsel, bahkan menjadi agenda rutin dari Kementerian Pariwisata Indonesia,” jelasnya.( Ocha/ Rilis)