Ini Alasan Mengapa Anies Baswedan Layak Jadi Presiden

JAKARTA, KABARDAERAH.COM- Pengamat komunikasi politik dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Dr Hasrullah mengatakan Anies Baswedan layak untuk menjadi presiden.

Karena bakal capres yang diusung Koalisi Perubahan tersebut memiliki kemampuan yang handal dalam berbicara di depan umum baik menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa asing.

“Public speaking-nya itu kan cukup meyakinkan kita tidak hanya dalam bentuk bahasa Indonesia tapi dalam bentuk bahasa asing yang dia miliki sebagai bahasa internasional, sebagai bahasa diplomat dan tanpa juru bicara. Artinya itu psikologis moril dari pada setiap pertemuan internasional Anies lebih siap,” ujar Hassrullah dikutip, Minggu, (12/3).

Terlebih saat ini, katanya, usia mantan Gubernur DKI Jakarta itu saat ini baru 53 tahun tetapi dia sudah memiliki kemampuan yang mumpuni.

“Kalau bicara tentang objektivitas kita bisa lihat seperti itu, dari segi ketenangan, dari segi diplomasi, dari segi kerangka berpikir dan berbicara. Kemudian dari segi kepercayaan diri berhadapan di depan publik itu dia miliki,” jelasnya.

Dikatakannya, saat ini hanya tinggal dukungan dari masyarakat dan partai pengusung yang harus tetap konsisten mendukung Anies hingga 2024 mendatang. “Tapi dari segi kapasitas saya kira orang tidak ragukan salah satu putra terbaik bangsa yang kita miliki,” ujar Hasrullah.

Seperti diketahui, Anies Baswedan sempat melakukan kunjungan singkat ke Austarlia sejak 4-9 Maret 2023.

Dalam kunjungan itu, Anies melakukan sosialisasi kepada para pendukungnya, memberi kuliah umum di perguruan tinggi terkenal seperti Australian National University hingga diundang di stasiun televisi ABC News Australia. (kdc/kba)