Tangis Orang Tua Pecah, saat acara Pammopporangnga di SMPN 27 Makassar.

TERBARU1650 Dilihat

Makasar,kabardaerah.com

Lapangan UPT SPF SMP Negeri 27 Makassar tampak ramai oleh orang tua siswa yang sengaja datang bersama anak mereka, sebagian besar ibu-ibu. Mereka sengaja diundang oleh pihak sekolah untuk menghadiri acara ‘pammopporangnga’ pada Kamis (06/04/2023).

Acara ini sendiri digelar jelang ujian sekolah. Sebanyak 348 siswa kelas IX akan mengikuti ujian akhir sekolah (UAS) pekan depan dalam suasana bulan suci Ramadhan. Moment inilah yang dimanfaatkan oleh pihak sekolah untuk menggelar kegiatan ‘pammopporangnga’ atau saling memaafkan antara siswa dengan orang tuanya, dan siswa dengan guru.

Kegiatan dimulai dengan sambutan dari kepala sekolah Nurdin, S.Pd, SH, M.Pd yang memberikan nasihat agar setiap peserta didik meminta maaf kepada orang tuanya di bulan yang suci ini. “bulan suci ramadhan adalah bulan yang penuh berkah dan ampunan, sengaja kita undang orang tuamu agar kamu dapat meminta maaf dan restu dari mereka, supaya kamu berhasil dan sukses” jelas Nurdin.

Sementara Ustadz Luqman Jamiat yang memberikan tauziah agar anak senantiasa berbakti kepada orang tua. Luqman mengangkat kisah seorang sahabat Rasulullah yang ahli ibadah namun tersiksa jelang ajalnya bernama Alqamah. “Ingatlah kisah Alqamah yang sulit mati, tersiksa menjelang ajalnya karena ibunya sakit hati. Rasulullah memerintahkan mengumpulkan kayu bakar untuk membakar Alqamah agar tidak tersiksa” terangnya mengutip kisah sahabat Nabi.

Suasana haru terlihat saat Ustadz Luqman memandu siswa untuk prosesi mencuci kaki orang tua dengan air dalam baskon kecil yang sudah disiapkan. Beberapa orang tua tak kuasa menahan air mata dan tampak memeluk anaknya. Demikian pula dengan siswa yang mengikuti acara.

Selesai proses sungkeman pada orang tua, siswa kemudian berbaris secara tertib dan meminta maaf kepada guru-gurunya dengan bersalaman. Kembali derai air mata mewarnai proses ini yang berlangsung haru dan khidmad meski antrian siswa yang berbaris cukup panjang.

(Red/Hunas27)