Mahasiswa KKN Unand Nagari Batahan Lakukan Sosialisasi Penggunaan Handphone Secara Berlebihan Kepada Anak-Anak Sekolah Dasar

Sumbar. Kabardaerah.com– Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) Universitas Andalas, Nagari Batahan, Kecamatan Ranah Batahan, Kabupaten Pasaman Barat lakukan sosialisasi penggunaan handphone secara berlebihan kepada anak-anak sekolah dasar (SD). Sosialisasi ini dilakukan ke 3 sekolah dasar yang berada di Nagari Batahan (Silaping) diantaranya SDN 01 Ranah Batahan, SDN 09 Ranah Batahan, dan SDN 16 Ranah Batahan.

Salah satu mahasiswa KKN Unand Nagari Batahan, Aziza Azahra mengatakan, kegiatan sosialisasi ini dilakukan selama 3 hari yakni pada tanggal 25 Juli, 26 Juli, dan 28 Juli 2023. Kegiatan sosialisasi ini dilakukan secara bergantian, pada tanggal 25 Juli, sosialisasi dilaksanakan dari jam 08.30 hingga 10.00 pagi di SDN 16 Ranah Batahan dari kelas 1 sampai kelas 6 di ruang Aula. Pada tanggal 26 Juli, kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan dari jam 09.00 hingga 10.00 di SDN 09 Ranah Batahan yang terdiri dari 2 kelas saja yakni gabungan kelas 3 dan 4. Pada tanggal 28 Juli, kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan dari jam 10.00 hingga 11.00 di SDN 01 Ranah Batahan dengan peserta sosialisasi yakni siswa/siswi yang duduk di bangku kelas 3.

“Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh 3 sekolah yang berbeda-beda dengan total 135 peserta. KKN Unand melaksanakan kegiatan sosialisasi ini dengan membawa 1 tim yang terdiri dari 7 orang yakni Aziza Azahra, Nadila Vania Putri, Sofia Fathia Fahmi, Fuadil Fajri Rozali, Arifin Manik, Vino Giovani, dan Erlangga Dwiki Hermanda serta beberapa anggota tambahan yang membantu melancarkan kegiatan seperti divisi pubdok untuk mendokumentasikan kegiatan sosialisasi ini,” kata Aziza yang juga penanggung jawab program kerja sosialisasi.

Aziza menjelaskan bahwa sosialisasi ini penting untuk dilaksanakan terutama kepada anak-anak sekolah dasar yang masih sangat kurang edukasi penggunaan handphone secara berlebihan di kalangan usia mereka, terutama untuk tumbuh kembang anak serta untuk menghindari dampak negatif handphone sedari dini.

“Usia anak sekolah dasar merupakan usia yang tepat untuk melakukan edukasi melalui sosialisasi terutama mengenai handphone yang mungkin saja mereka tidak mendapatkan edukasi sama sekali dari orangtua karena terhalang oleh beberapa hal, jadi kami disini, mahasiswa KKN Unand Nagari Batahan mencoba menjadi pahlawan bagi mereka setidaknya untuk menjadi peringatan dini agar mereka mengetahui penggunaan handphone yang tepat untuk kedepannya.” kata Aziza memperjelas.

Pada sosialisasi ini, tim Program Kerja Sosialisasi,  KKN Unand Nagari Batahan,  memberikan sosialisasi semenarik mungkin terutama bagi anak-anak dengan memberikan video pendek (kartun narasi) seputar penggunaan handphone dan gambar yang membuat anak-anak sekolah dasar tersebut tertarik untuk mendengarkan, memperhatikan, serta merespons hal-hal yang disampaikan oleh pemateri.

“Saya berharap melalui kegiatan sosialisasi ini, adik-adik sekolah dasar yang menjadi peserta sosialisasi (terutama) dapat menerapkan hal-hal yang telah kami sampaikan, sedikit banyaknya semoga dapat bermanfaat bagi adik-adik, sehingga kegiatan ini menjadi sebuah kegiatan yang berhasil kami laksanakan sebagai mahasiswa KKN Unand” tutur Aziza.