Polres Lahat, Polda Sumsel Gelar Apel Arahan KPUD

LAHAT.KABARDAERAH.COM – Kapolres Lahat AKBP God Parlasro S. Sinaga SH. SIK. MH, mengikuti giat arahan dari ketua KPU D Kabupaten Lahat. Kegiatan berlangsung di halaman Mapolres Lahat, Senin (08/01/2024).

 

Hadir dalam giat tersebut waka polres lahat kompol Roy Aprian Tambunan SP. SIK, para kabag, kasat, kasi, perwira, bintara, dan ASN polres lahat

 

Ketua KPU D Kabupaten Lahat, Eka Fitra Spd. Mpd dalam arahannya mengucapkan banyak terima kasih kepada kapolres lahat atas undangannya untuk memberikan materi dan arahan terkait pelaksanaan pemilu yang mana Polri sebagai pengamanan pemilu dan KPU sebagai penyelenggara atau pelaksana pemilu yang harus bekerjasama dan saling beriringan, saling dukung, saling berkomunikasi dalam menyukseskan pemilu tahun 2024.

TNI dan Polri sesuai dengan undang- undang dalam pelaksanaan pemilu harus Netral tidak berpihak kepada salah satu paslon dan kelompok, untuk itu di haruskan kenetralan dan tetap menjunjung tinggi norma hukum dalam penanganan tindak pidana pemilu.

 

Seperti pengalaman pemilu tahun 2019 bahwa kab. Lahat dalam pelaksanaan pemilu terselenggara dengan aman dan lancar, hanya sedikit kendala biasanya terjadi di TPS pada saat pemungutan dan penghitungan suara karena kurang memahami dan mengerti baik petugas TPS, para saksi dan tanggung jawab, serta kewenangan polri pada saat di TPS .

Polri yang merupakan mitra KPU dalam pelaksanaan pemilu sebagai pihak pengamanan dan KPU sebagai penyelenggara pemilu harus dan wajib mengamankan setiap kegiatan KPU, baik itu tahap pengawalan surat suara, giat kampanye, giat pelipatan kertas suara, giat pengamanan di TPS, giat penghitungan suara dari TPS sampai tingkat penghitungan di tingkat kabupaten.

 

Inti dari pengarahan tersebut adalah polri dan KPU bekerjasama untuk menyukseskan pemilu dan Netralitas Polri, meskipun keluarga bisa memilih.

 

Kasubsi penmas humas polres lahat Aiptu Lispono SH. (Jon)