Meski Golkar Sudah Memiliki 10 Kursi DPRD, Pasangan Bacabup/Bacawabup Pilkada Tapin 2024 H. Yamani – H. Juanda Tetap Daftar ke PDIP 

Tapin.KabarDaerah.Com – Suhu politik di Kabupaten Tapin yang sempat meredup usai gelaran Pilpres dan Pileg Februari 2024, kini kembali mulai menghangat.

Figur pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati yang disebut – sebut akan maju pada kontestasi Pilkada Tapin 2024 diketahui kini mulai membangun relasi dan silaturahmi yang mengarah pada terjadinya koalisi beberapa partai politik.

Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tapin 2024 – 2029, H. Yamani dan H. Juanda yang sebelumnya disebutkan sudah resmi mengantongi rekomendasi dari Partai Golkar untuk maju pada Pilkada Tapin 2024. Pada hari ini, Sabtu, (4/5/24), kembalikan formulir pendaftaran ke DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tapin, H. Midpay Syahbani mengatakan, Pada hari ini merupakan deadline atau hari terakhir pengembalian formulir pendaftaran Bacabup dan Bacawabup Pilkada Tapin 2024 di PDI Perjuangan.

Dikatakan Midpay, Sebelumya DPC PDIP Kabupaten Tapin membuka pendaftaran Bacabup dan Bacabup Tapin yang dibuka mulai 22 hingga 27 April 2024 dan untuk pengembalian formulir 29 April sampai 4 Mei 2024 hingga pukul 23.59 Wita.

“Hanya ada satu pasangan Bacalon Bupati dan Wakil Bupati Tapin yang mengambil dan mengembalikan formulir pendaftaran ke DPC PDIP Kabupaten Tapin yakni Pasangan H. Yamani dan H. Juanda”, ungkap Ketua DPC PDIP Tapin.

Menurutnya, nama pasangan Balon yang telah mengembalikan berkas formulir pendaftaran tersebut untuk selanjutnya diteruskan ke DPP melalui DPD PDIP Provinsi Kalimantan Selatan.

“Meski pasangan Balon ini bukan kader internal,akan tetapi kita optimis PDIP akan berkoalisi dengan Partai Golkar dan beberapa Parpol lain untuk mengusung pasangan H Yamani dan H Juanda pada Pilkada Tapin 2024”, sebutnya.

Sementara itu, H. Yamani yang diketahui sebagai Ketua DPD Partai Golkar dan Ketua DPRD Tapin mengatakan, meski partai Golkar Tapin sudah memenuhi syarat dan bisa mengusung pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati sendiri karena memiliki jumlah 10 kursi legislatif akan tetapi pihaknya tetap membangun komunikasi untuk mengajak koalisi partai – partai politik lainnya di Tapin.

“Kalau untuk pengembalian formulir pendaftaran diluar Partai Golkar, baru pertama di PDIP ini. Namun komunikasi dengan parpol lainnya tetap dibangun dan kita menunggu informasinya”, ungkap H. Yamani.

Meski demikian, H. Yamani optimis seluruh Parpol di Kabupaten Tapin baik yang memiliki kursi legislatif maupun non parlemen akan berkoalisi untuk mengusung dirinya bersama H. Juanda pada kontestasi Pilkada 2024 nanti.

Senada dengan itu, pasangan Balon Wabup H. Juanda mengatakan, dirinya mengaku senang dan tekadnya sudah bulat mendampingi H. Yamani untuk maju pada Pilkada Tapin tahun 2024 ini.

“Ini bukan persoalan milih memilih, akan tetapi atas dasar hati nurani. Karena saya yakin bahwa bersama H. Yamani yang sudah teruji dan terbukti kualitas serta kinerjanya selama ini, bisa membangun Tapin kedepannya untuk lebih baik lagi”, ujar H. Juanda.

Ia pun mengharapkan seluruh parpol di Kabupaten Tapin terutama PDIP agar bisa mengawal proses ke DPP, sehingga bisa mendapatkan rekomendasi yang mengusung dirinya bersama H Yamani untuk jadi Bacabup dan Bacawabup Kabupaten Tapin Pilkada 2024.(Ron).