Terisolir, Pembangunan Kantor Kecamatan Patani Timur Dinilai Mubazir

TERBARU43 Dilihat

MALUT.KABARDAERAH.COM- Masyarakat Desa Sakam setempat menilai pembangunan gedung Kantor Camat Kecamatan Patani Timur mubazir . Pasalnya,  camat itu dibangun diarea perkebunan warga dan jauh dari pemukiman warga serta bukan di ibukota kecamatan yakni Desa Damuli.

Pembangunan gedung pelayanan masyarakat  menguras APBD Halteng Tahun Anggaran 2016 sebesar Rp 1.980.046.000 dikerjakan oleh PT Masure Mandiri yang dikabarkan perusahaan tersebut milik Kepala Desa Sakam Fakir Abd Salam sendiri.

Selain itu, pembangunan gedung Kantor Camat dibangun di atas lahan milik Kepala Desa Sakam Fakir Abd Salam di Desa Nursifa. Lebih parah lagi akses menuju kantor, jalannya licin dan berbukit, bagaimana aktivitas di kantor Kecamatan Patani Timur bisa jalan dengan menempuh kurang lebih satu jam.

Udin tokoh warga setempat Jumat(24/11) mengatakan, seharusnya pembangunan gedung kantor camat tidak dibangun di perkebunan seperti ini, bagaimana aktivitas Pemerintah Kecamatan bisa jalan, belum lagi jalan akses darat yang penuh dengan lumpur ibarat lumpur lapindo, dan terhalang dengan sungai Gonli yang minta ampun banyak lumpur serta sering banjir dikala sore hari.

Bukan hanya itu saja kata dia, yang menjadi kendala juga adalah . “Lebih fatal lagi di desa Sakam dan Nursifa tidak ada Pegawai Kantor Camat, mengapa Bupati Halteng yang juga seorang Insinyur dan Master Teknik bisa menempatkan pembangunan gedung Kantor Camat Kecamatan Patani Timur di desa Nursifa, inikan aneh,” kesalnya.

Udin juga sempat menyentil pemekaran desa yang dilakukan beberapa tahun lalu. Dikatakannya, pemekaran desa bertujuan untuk mendekatkan pelayanan administrasi kepada masyarakat. Namun, kali ini diduga kepentingan kelompok sehingga pembangunan gedung kantor camat Kecamatan Patani Timur dibangun didesa Nursifa. “Pembangunan seperti ini tidak tepat sasaran alias mubazir, lihat saja nanti,” katanya.

Pembangunan gedung Kantor Camat Kecamatan Patani Timur ini akan hancur tanpa dan rusak akibat tak dihuni oleh pelayanan masyarakat karena tidak dibangun di ibu kota kecamatan. Lebih baik gedung Kantor Camat Kecamatan Patani Timur ini kita usulkan untuk menjadikannya sebagai gudang kopra hasil petani saja.

Terpisah Kepala Desa Sakam Fakir Abd Salam ketika dikonfirmasi mengaku penempatan pembangunan gedung Kantor Camat Kecamatan Patani Timur atas arahan Bupati Halteng dua periode yakni Hi Ir M Al Yasin Ali dengan alasan pengembangan desa,”Tutupnya

(FFF/3R).

Tinggalkan Balasan