Lebaran Di Jakarta? Catat Tempat Wisata Yang Tutup Pada Hari Hari Lebaran

DAERAH122 Dilihat

DKI.KABARDAERAH.COM– Jika tidak ada perbedaan antara 2 ormas besar di Indonesia maka dipastikan hari raya idul fitri akan serentak pada tanggal 5 Juni 2019.

Sudah jadi kebiasaan warga mengunjungi tempat wisata pada saat hari raya telah tiba. Kota Jakarta pada hari raya Idul Fitri biasanya cenderung lengang karena mayoritas warganya adalah pendatang dan berduyun-duyun mudik ke kampung halaman.

Lengangnya Kota Jakarta dimanfaatkan warga dari kota lain untuk berwisata kesana. Ada yang berasal dari Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Cirebon dan sebagainya.

Jika anda termasuk yang akan mengisi liburan hari raya di Kota Jakarta, maka anda mesti tahu tidak semua tempat wisata buka pada hari raya. H+1 dan hari berikutnya dipastikan kembali buka dan siap menerima kunjungan dari anda.

Kabar ini didapat dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam hal ini Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Edy Junaedi.

“Tutup pada hari pertama Idul Fitri dan hari kedua Idul Fitri buka mulai pukul 08.00 – 17.00,” kata Edi.

Edi menjelaskan kebijakan itu mengikuti regulasi yang tercantum di dalam Peraturan Gubernur Nomor (63/2018) tentang Optimalisasi Kegiatan dan Penanganan Pengunjung di Tempat-Tempat Wisata Pada Hari Tertentu.

Namun Edi meminta warga tidak usah khawatir karena masih ada tempat wisata lain yang masih buka karena tidak semua tempat wisata yang tutup.

“Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta menyiapkan tempat wisata sebagai alternatif liburan warga yang merayakan lebaran di Jakarta,” tambah Edi.

Salah satu tempat wisata yang ramai dan siap dikunjungi pada hari raya nanti adalah Taman Impian Jaya Ancol. Pantai di Utara Kota Jakarta ini selalu dipadati kendaraan saat liburan dan hari besar. Namun anda tidak mesti ragu berkunjung dan membawa kendaraan anda karena Pemprov sudah bersiap akan berapa kondisi yang akan dihadapi nanti.

“Kami sudah berkoordinasi dengan SKPD/UKPD terkait penanganan pengunjung yang meliputi tempat parkir, pedagang kaki lima, dan rekayasa lalu lintas,” pungkas Edi.

Inilah daftar tempat wisata dan museum yang akan tutup pada hari pertama lebaran 2019:

– Taman Margasatwa Ragunan;
– Monument Nasional;
– Museum Sejarah Jakarta;
– Museum Prasasti;
– Museum Joang 45;
– Museum MH. Thamrin;
– Museum Wayang;
– Museum Tekstil;
– Museum Seni Rupa dan Keramik;
– Museum Bahari;
– Museum Taman Arkeologi Onrust;
– Museum Rumah Si Pitung;
– Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan;
– Kawasan Kota Tua;
– Kawasan Taman Ismail Marzuki;
– Anjungan DKI Taman Mini Indonesia     Indah
– Lapangan Banteng
– Tugu Proklamasi.

(R.hady/Rmol)