Cuaca Ekstrim, Kadishub Halbar Minta Pelayaran Dihentikan Sementara

TERBARU1619 Dilihat

JAILOLO, Malut.kabardaerah.com – Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten (Kadishub) Halmahera Barat (Halbar) Maluku Utara, minta kepada seluruh kapal maupun Speadboat dan juga para nelayan yang ada di Halbar agar saat ini tidak melakukan pelayaran.

Himbauan tersebut disampaikan Kadishub Halbar, Marten Antoni Baura, karena Cuaca yang sangat Ekstrim di beberapa Perairan Maluku Utara, termasuk Kabupaten Halmahera Barat, sehingga bagi dirinya, kapal penumpang dan Speadboat sebaiknya tidak di izinkan untuk berlayar dulu beberapa waktu Kedepan sambil memantau cuaca.

“Saya berharap kepada teman – teman yang bertugas di lapangan, terutama petugas KPLP agar lebih ketat untuk izin pelayaran, karena semua ini kewenangannya ada di petugas KPLP Jailolo, dengan cuaca yang ada ini kita jangan utamakan penghasilan kita tetapi lebih diutamakan keselamatan atau nyawa manusia,”ungkap Kadishub Halbar, M. Baura kepada sejumlah awak media di Kantor Bupati, Kamis (02/12/2021).

Selain Kapal dan Speadboat Kadishub juga meminta kepada para nelayan agar saat ini pelayarannya di hentikan dulu sementara waktu, karena sudah berulang kali cuaca seperti ini di Halbar memakan korban, baik kapal, Speadboat maupun nelayan.

Terpisah Kepala Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) unit Jailolo, Wisnu saat di konfirmasi wartawan malut.kabardaerah.com via WhatsApp mengatakan bahwa untuk saat ini pelabuhan Jailolo – Ternate diberlakukan buka tutup.

“Tetap ada larangan untuk pelayaran, sekarang kita lihat kalau cuaca bole kita buka pelayaran tetapi kalau cuaca buruk kita tutup untuk pelayaran, jadi untuk pelabuhan Jailolo sekarang kita berlakukan sistem buka tutup,”kata Wisnu.

Untuk kelengkapan Speadboat dan surat surat izin berlayar petugas tetap melakukan pemeriksaan sebelum berlayar, itu sudah menjadi kewajiban petugas.

“Jadi kalau pada saat mau berlayar kelengkapan Speadboat tersebut akan diperiksa petugas, kalau kedapatan semacam pelampungnya tidak ada atau kurang maka Speadboat tersebut tidak diperbolehkan berlayar,”jelas Kepala KPLP.

Dia juga menyampaikan bahwa petugas KPLP terus memantau apalagi cuaca ekstrim seperti saat ini, dan dia juga menghimbau kepada para nelayan agar lebih berhati – hati pada saat mau keluar melaut karena cuaca saat ini memang sangat ekstrim.

“Apalagi laut kita di Halbar ini sudah sering memakan korban jadi saya menghimbau kepada seluruh para nelayan dan juga Speadboat dan kapal penumpang agar lebih berhati hati saat melakukan pelayaran,”tutupnya.(*)

 

 

Reporter : Irwan FK
Editor      : Sahril H. Hi. Kasim