Panggil Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto ke Istana Negara, Ini Agenda Jokowi Rabu Pukul 14.00 WIB

BERITA UTAMA738 Dilihat

JAKARTA-Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan telah memanggil mantan Ketua MPR RI yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan, S.E., M.M dan Mantan Panglima TNI, Marsekal TNI (Purn.) Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P di Istana Negara,Selasa (14/6/2022).

Dikutip antarnews, Selasa (14/6/2022), selain dua tokoh nasional tersebut, Presiden juga memanggil sejumlah menteri kabinet ke Istana.

Mantan Menteri Kehutanan Republik Indonesia sejak 22 Oktober 2009 hingga 1 Oktober 2014 itu diberitakan akan mengisi posisi Anggota Kabinet Indonesia Maju Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi.

Sementara Hadi Tjahjanto dikabarkan akan menggantikan Sofyan Djalil, sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Keduanya akan memperkuat pemerintahan Joko Widodo dan Wapres Ma’ruf Amin dalam menjalankan tugas demi kemajuan Indonesia masa pemerintah presiden dan wakil presiden 2019-2024.

Dikonfirmasi wartawan, Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung pun tidak membantah kabar mengenai bakal ada reshuffle jilid 3 di Kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Karena pemerintahan ini masih dua tahun lagi sehingga dengan kebutuhan itu Presiden yang memutuskan,” katanya di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (14/6/2022).

Politisi PDI Perjuangan itu mengatakan, Jokowi yang sudah delapan tahun di pemerintahan sangat memahami apa saja yang menjadi kebutuhan dari kabinet.

“Ya yang jelas Presiden, beliau sangat tahulah,” kata dia.

Terkait bakal masuknya politisi Partai Amanat Nasional (PAN) dalam kabinet, menurut mantan Pramono Anung yang juga mantan Sekjen PDI Perjuangan ini kembali menyerahkan hal tersebut kepada Presiden Jokowi.

“Itu kewenangan sepenuhnya Presiden mau kapan, orangnya dari mana, partainya apa, kebutuhannya apa,” ujar Pramono Anung.

Sedangkan Sekjen DPP PAN (Partai Amanat Nasional) Eddy Soeparno, menyebut ada peluang Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) bakal jadi menteri.

“Sinyal-sinyalnya kan ke sana. (Zulhas) sudah dipanggil, lihat saja perkembangan berikutnya. Pada akhirnya Presiden yang memutuskan,” kata Eddy, Selasa (14/6/2022).

Sekjen PAN menyatakan, pihaknya selalu siap jika diminta untuk masuk ke dalam Kabinet Indonesia Maju.
Menurutnya, Zulhas selaku Ketum PAN merupakan kader yang paling diprioritaskan untuk menjadi menteri.

“Saya sekarang akan menuju kediaman Pak Zulhas untuk memberi masukan, apa update terakhir dari beliau,” ungkap Eddy.

“Saya kira dalam waktu hitungan jam juga akan terpublikasikan ke teman-teman semua,” imbuhnya.

Pantauan awak media di Istana Negara, sejumlah Menteri dan Wakil Menteri (Wamen) yang dipanggil ke Istana Negara pada Selasa sore di antaranya ; Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, hingga Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Berita yang beredar, siang ini, Rabu (15/6/2022) Pukul 14.00 WIB, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menurut rencana akan melantik Zulkifli Hasan, S.E., M.M sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) RI, menggantikan Muhammad Lutfi. Sementara Marsekal TNI (Purn.) Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN menggantikan Sofyan Djalil. ** DL.