Siti Fauziah : Media Berperan Penting Mencerdaskan Kehidupan berbangsa Melalui Tugas-Tugas Jurnalistik

BERITA UTAMA707 Dilihat

KABARDAERAH.COM (BANDUNG)-Biro Humas dan pemberitaan MPR RI menyelenggarakan media gathering bersama wartawan yang sehari-hari melakukan aktivitasnya peliputan di kompleks Parlemen : DPR/MR/DPD RI. Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari 17-19 Maret 2023 di Lembangn, Bandung Jawa Barat. Adapun Media Gathering bertema : Peran Media Dalam Mewujudkan Rumah Kebangsaan.

Media Gathering dibuka oleh Kerua MPR RI, Dr. Bambang Soesatyo,S.E.,M.B.A. Hadir juga pimpinan MPR Fraksi Partai Demokrat, Dr. Beni K Harman, pimpinan Fraksi PKB MPR, Neng Eem Marhamah Zulfa Hiz, S.Th.I., M.M, -PLT Deputy bidang administrasi, Ibu Siti Fauziah, SE,MM.

Dalam sambutannya, Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal MPR RI yang diwakili Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Administrasi Sekretariat Jenderal MPR, Siti Fauziah, SE, MM, menyampaikan bahwa pihaknya telah melaksanakan media gathering, yang sudah 2 tahun tidak dilaksanakan karena ada satu dan lain hal.

“Media gathering ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi atau keakraban antara pimpinan, anggota dan para jurnalis, yang biasa bertugas di lingkungan Parlemen, di mana pimpinan anggota merupakan sumber dari informasi yang akurat. Jadi bisa mendapatkan berita yang A.1. Maka inilah yang diharapkan,” kata Titi,demikian ia biasa disapa.

Disampaikan juga bahwa perrta kegiatan pada kali ini berjumlah 90 orang. “Alhamdulillah sehat semua, walaupun tadi agak macet tapi Alhamdulillah sampai disini dengan selamat”.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa salah satu pilar dari demokrasi adalah media, yang memiliki tanggung jawab untuk memberikan informasi secara utuh dan menyeluruh kepada masyarakat dalam era globalisasi hari ini. Bahwa kecepatan menyajikan informasi yang tepat dan akurat menjadi tantangan tersendiri bagi teman-teman jurnalis,” katanya.

Lanjut Titi, hadirnya media sosial dengan kemudahan dan kecepatannya menjadi ancaman dari pelaku industri media, mudah menyebarkan berita bohong dan hoax tentu menjadi perhatian bagi kami, unit penyelenggara kehumasan di instansi lembaga negara dalam hal ini, biro Humas setjen MPR RI.

“Harapan kami untuk semua teman-teman media yang hadir pada hari ini, dapat bersama-sama dengan biro humas menangkal penyebaran berita hoax di lingkungan parlemen dengan menyajikan pemberitaan yang akurat dan terpercaya dalam publikasinya. Tentunya dengan melalui mekanisme redaksi masing-masing media, yang memiliki standar produk jurnalis,” kata Titi.

Dijelaskan, setelah Idul Fitri tahun ini, bangsa Indonesia akan menyelenggarakan Pemilu yang pelaksanaannya pada 4 Februari 2024.
Untuk itu, teman-teman media dapat memberikan hal-hal yang menyejukkan kepada masyarakat, dapat menyampaikan bahwa pemilu ini merupakan konstalasi politik di antara putra-putri terbaik bangsa.

“Juga tidak lupa memberitakan hal-hal yang sifatnya ajakan kepada masyarakat untuk datang ke TPS, untuk menggunakan hak pilihnya, yang dijamin oleh undang-undang dasar.

Jadi jangan golput jadi media jangan golput dan mengajak keluarganya untuk ke TPS itu harapan kami dengan menjelang tahun politik 2024.

Selain itu, media berperan sebagai salah satu pilar demokrasi, besar harapan kami dapat memberitakan hal-hal yang terjadi di lingkungan parlemen secara utuh dan menyeluruh dan ikut serta bertanggung jawab dalam upaya-upaya mencerdaskan kehidupan bangsa melalui tugas-tugas jurnalistik. ** DL.