Sah, Veilx Vernando Wanggai Resmi Pj. Gubernur Papua Pegunungan, Ini Pesan Mendagri

JAKARTA,KABARDERAH.COM-Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Jenderal Polisi (Purn.) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, B.A., M.A., Ph.D, hari ini,Senin (13/11/2023) melantik Pj. Gubernur Papua pegunungan . Prosesi pelantkan berlangsung di Gedung Sasana Bhakti Praja Gedung Kemendagri Jakarta, pukul 13.00 WIB.

Adapun, pelantikan dilakukan sesuai dengan keputusan presiden RI nomor 110/P/2023, tentang perpanjangan masa jabatan, pemberhentian dan pengangkatan penjabat gubernur.

Velix Vernando Wanggai sebelumnya menjabat sebagai Staf Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan Setwapres.
Sebelum 11 November 2022 lalu PJ Gubernur Papua Selatan dijabat oleh Apolo Safanpo. Bertepatan dengan pelantikan Velix Wanggai.

Kini setelah tak lagi jabat Pj Gubernur Selatan, Apolo dipercaya menjabat sebagai Sekda (Sekretaris Daerah) Provinsi Papua Selatan.
Pelantikan dihadiri para pejabat eselon 1 di lingkup Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP) Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta, Jumat (10/11/2023) pekan lalu.

Mendagri Tito Karnavian menegaskan, acara pelantikan Pj. Gubernur Provinsi Papua Pegunungan, Velix Wanggai ini berlangsng sederhana.

“Pada pagi hari ini kita melaksanakan upacara yang terlihat sederhana tapi memiliki dampak yang besar di Papua, khususnya Papua Tengah dan Papua Selatan dan juga untuk Kemendagri. Karena kita tahu bahwa dengan adanya DOB 4 daerah otonomi baru di Papua, keinginan Bapak Presiden empat-empatnya dijabat oleh orang asli Papua,” kata mantan Kapolri kelahiran Palembang 1963 silam .

“Bapak dan Ibu sebagai penjabat gubernur yang memiliki sumber daya yang paling besar, memiliki kewenangan yang sangat besar, tolong manfaatkan betul untuk mengubah kesejahteraan rakyat Papua menjadi lebih baik, ubah betul. Ini adalah ladang ibadah untuk berbuat baik, pahala, bekal kita di akhirat,” kata Tito Karnavia.

Disampaikan bahwa amanah yang diberikan tidak disalahgunakan untuk kepentingan atau memperkaya pihak sendiri. Pasalnya, rakyat Papua sangat mengharapkan kebijakan-kebijakan yang betul-betul memihak kepada mereka.

“Setiap waktu kita juga akan selesai dipanggil oleh Tuhan Yang Maha Kuasa, mumpung diberikan kepercayaan dan kewenangan yang besar gunakan itu untuk berbuat baik untuk bekal kita selamat, bukan hanya hanya di dunia tapi juga di akhirat, tapi amanah yang kita disalahgunakan juga akan dipertanyakan nantinya,”tutur Mendagri Muhammad Tito Karnavian.

Pelantikan dihadiri oleh antara lain, Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri), John Wempi Wetipo, dan sejumlah Penjabat Eselon I Lingkup Kemendagri, mantan Pj.Gubernur Papua Pegunungan Nikolaus Kondomo,SH. MH, Plh.Gubernur Papau Pegunungan juga selaku Pj Sekda Provinsi Papua Pegunungan Sumule Tumbo, SE. MM, Penjabat di Lingkungan Provinsi Papua Pegunungan,Bupati Se- Provinsi Papua Pegunungan dan Forkopimda Papua Pegunungan. **

Editor : Dommy Lewuk.