Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu Jaring Aspirasi Petani di Desa Bukit Peninjauan 1 Kec. Sukaraja

Bengkulu,Kabardaerah.Com-Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu Jonaidi, SP hadir langsung menjaring aspirasi petani di Desa Bukit Peninjauan (BP) 1 Kecamatan Sukaraja Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu, Senin pagi (25/9/2023).

Acara yang diprakarsai Dinas Tanaman Pangan Holtikuktura dan Perkebunan (DTPHP) Provinsi Bengkulu ini digelar untuk menampung keluhan petani menghadapi cuaca ekstrem yang terjadi saat ini. “Didapat alternatif bagi petani dalam menghadapi cuaca ekstrim yaitu dengan menanam tanaman pengganti yang tidak membutuhkan banyak air. Sementara untuk mengatasi kekeringan ini, disepakati untuk mencari sumber pengairan baru yaitu sistem pompanisasi air dalam tanah,” beber Jonaidi.

Jonaidi siap mengusulkan dan memplot anggaran untuk pompanisasi air dalam tanah atau sumur bor untuk sumber pengairan alternatif.

Namun katanya untuk mengalokasikan anggaran ini, harus ada pengusulan dari kelompok tani (Poktan).Proposal ini tambahnya sebagai dasar untuk penganggaran pembuatan sumur bor yang dibutuhkan petani. Karena itu dirinya mengharapkan petani segera membuat dan menyampaikan. 

“Saya siap mendukung dan merealisasikan. Harapan dan kebutuhan petani akan kita penuhi sesuai dengan yang diperlukan,” ungkap Jonaidi.(kd)adv