Polres Lahat Kawal Unjuk Rasa Aliansi Rakyat Lahat Menggugat

Lahat.Kabardaerah.Com – Kapolres Lahat AKBP God Parlasro S.Sinaga SH.SIK.MH, yang didampingi oleh kabag ops kompol Aan Sumardi SE.MM,kasat intel Mulyono SH, kasat samapta AKP Hipni SH,Kasat Lantas AKP Muriyanto SH.MH, kapolsek kota AKP Samsuardi, memimpin pengamanan dan pengawalan Aksi Unjuk Rasa dari Aliansi Rakyat Lahat Menggugat. Aksi berlangsung di halaman kantor bupati lahat, Rabu (17/01/2024).

 

Kapolres Lahat, disampaikan Kasubsi Humas Polres setempat, Aiptu, Lispono, SH menyampaikan, adapun tuntutan massa adalah terkait pelantikan PJS. Kapala Desa di Kabupaten Lahat oleh PJ. Bupati Lahat yang dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 12 Januari 2024 dianggap tidak dengan prosedur, mekanisme dan aturan yang berlaku serta terindikasi  bermuatan politis.

  • Adapun tuntutan dalam aksi tersebut, Batalkan pengangkatan PJS Kades yang dilantik tidak dengan prosedur, Di duga pengangkatan PJS Kades PJ. Bupati tidak netral dan syarat dengan muatan politis, PJ. Bupati Lahat mengangkat PJS Kades tanpa rekom dari camat dan usulan BPD. Kami Masyarakat Lahat menggugat PJ Bupati Lahat untuk mengundurkan diri, Kami meminta mendagri menonaktifkan PJ Bupati Lahat dan di duga adanya ASN membakar Kalender dijanjikan PJS Kades tanpa ada rekom camat.

 

“Perwakilan massa aksi di terima oleh sekda lahat Candra SH.MM mewakili Pj.bupati lahat, kasat intel AKP Mulyono SH, kasat pol pp, asisten I pemda lain, dan pejabat pemda yg terkait lainya,”kata kapolres

 

Hasil dari pertemuan sekda lahat akan menyampaikan permintaan massa kepada Pj bupati lahat, nantinya Pj bupati lahat akan memutuskan dan meninjau ulang SK, pelantikan Pjs kepala desa di kab. Lahat.

 

“Polres lahat dalam pelaksanaan pengamanan aksi unjuk rasa menerjunkan 120 personel gabungan staf dan fungsi di tambah dari TNI, sat pol pp, dan DLLAJR,”pungkas kapolres

 

Pada pukul 13.00 wib massa membubarkan diri dan kembali ke wilayahnya masing-masing situasi aman terkendali. (Jon)