9 Desa Terima Nomor Register Persiapan Pemekaran, Gubernur Rohidin: Lengkapi Struktur Kelembagaan

BENGKULU468 Dilihat

Bengkulu,Kabardaerah.Com-Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyerahkan nomor register Desa Persiapan pemekaran yang ada di Kabupaten Kaur. Total, ada 9 desa yang menerima nomor register persiapan pemekaran dari Kementerian Dalam Negeri di Kantor Camat Muara Sahung, Selasa, 16/01.

“Ini Nomor Register sudah disetujui oleh Mendagri, ini belum jadi desa tapi nomor register desa sudah ada. Bagaimana caranya menjadi Desa definitif? Kelayakan Struktur Lembaga Desa, Admintrasi desa, Peta Desa, Data Monografi Desa itu dibuat. Na saya minta ini harus dilengkapi supaya menjadi Desa Definitif,” kata gubernur.

9 desa yang menerima NĂ²mor Register Persiapan Pemekaran yaitu Desa Mekar Jaya, Desa Makmur Jaya, Desa Kuliak Sialang, Desa Datar Selepah, Desa Pematang Salimi, Desa Trans Kedataran Pematang Danau, Desa Sido Makmur, Desa Sinar Bandung, dan Desa Air Nunung.

Karenanya, Gubernur Rohidin menekankan 9 desa yang sudah menerima nomor register tersebut dapat melengkapi struktur kelembagaan desa secepat mungkin agar ke depan dapat menjadi desa definitif.

“Prinsip apabila sudah menjadi Desa Definitif nanti kita harapkan pelayanan (Desa) akan menjadi lebih baik,” tambah gubernur.

Di sisi lain Asisten III Pemkab Kaur Herwan mengungkapkan, penyerahan nomor register Desa Persiapan ini langkah awal menuju Desa Definitif.

“Ini baru persiapan untuk definitif, butuh waktu juga, maka kita terus berjuang. Alhamdulillah kawan-kawan sudah menerima persiapan nomor register ini,” ungkap Herwan.

Sementara itu, Ketua Presidium Desa Persiapan Pemekaran Sinar Bandung Kecamatan Muara Sahung Tulisan mengapresiasi perjuangan Gubernur Rohidin dalam pemekaran Desa Definitif di Kaur.

“Alhamdulilah hari ini 9 desa sudah terima nomor register Desa Persiapan Pemekaran dan langsung diberikan oleh Gubernur Rohidin Mersyah. Kita mengapresiasi,” tutup Tasulissani.

Selain penyerahan nomor register Desa Persiapan Pemekaran, Gubernur Rohidin juga memberikan 6 Penghargaan untuk Desa Mandiri di Kaur dan bantuan buku bacaan serta Al-Qur’an di Muara Sahung.(kd)