Terkendala Server,Perolehan Suara Pemilu DPRD Kabupaten Tapin Belum Bisa Diakses Dalam Sirekap

Tapin.KabarDaerah.com – Divisi Teknis KPU Tapi,Fathur Rahman sebutkan,pada H plus 1 pasca hari pencoblosan Pemilu 2024 atau Kamis (15/2/2024),semua kotak suara yang berisi surat suara hasil Pemilu 2024 dari seluruh TPS di Tapin sudah terkumpul di PPK.

“Secara umum penghitungan suara Pemilu 2024 di 637 TPS se Kabupaten Tapin sudah selesai.Per hari ini, kotak suara hasil pemilu sudah bergeser dari KPPS dan PPS ke PPK”,sebutnya.

Kemudian,dilakukan rekapitulasi atau penghitungan suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

“Rekapitulasi atau penghitungan suara di tingkat Kecamatan (PPK) ini,menurut jadwal dimulai tanggal 15 Februari,dan maksimal hingga tanggal 2 Maret 2024”, ujar Anggota KPU Tapin.

Akan tetapi bisa saja rekapitulasi di PPK ini waktunya lebih cepat dari jadwal yang sudah ditentukan,sehingga kotak suara bisa segera bergeser dari PPK ke KPU Kabupaten Tapin.

“Adapun untuk hasil perolehan suara seluruh peserta pemilu baik suara Capres dan Cawapres serta Legislatif semua tingkatan,hingga saat ini belum sampai ke KPU Tapin,karena masih menunggu hingga rekapitulasi dan pleno ditingkat PPK selesai”,katanya.

Fathur Rahman menegaskan,sejauh ini proses pemungutan dan penghitungan suara di seluruh TPS di Kabupaten Tapin berjalan aman dan lancar.

Sementara,meski penghitungan suara di 637 TPS diinformasikan sudah selesai,
namun hasil perolehan suara Pemilu 2024 di Kabupaten Tapin belum sepenuhnya bisa dilihat dalam SIREKAP.

Pada SIREKAP infopemilu2024.kpu.go.id,
perolehan suara DPRD Kabupaten Dapil Tapin I yakni Bungur, Piani,Tapin Utara dan Lokpaikat, per tanggal (16/2) pukul 04.30.20,baru 2 TPS dari progres 190 TPS (1,05%) di daerah pemilihan tersebut yang sudah bisa dilihat dalam SIREKAP.

Untuk Dapil II yang meliputi Kecamatan Binuang,Tapin Selatan,Salam Babaris dan Hatungun,per (16/2) pukul 05.00.20 baru 1 TPS yang sudah masuk SIREKAP dari progres total 237 TPS (0,42%).

Sedangkan Dapil Tapin III yang meliputi
Kecamatan Candi Laras Utara (CLU), Candi Laras Selatan (CLS),Tapin Tengah dan Bakarangan per tanggal (16/2) pukul 00.30.12 dari total 210 TPS baru masuk SIREKAP sebanyak 2 TPS (0,95%).

Divisi Teknis KPU Tapin,Fathur Rahman menjelaskan,terlambatnya progres uploading perolehan suara Pemilu 2024 dari TPS – TPS di Tapin pada SIREKAP ini, karena terkendala beberapa faktor diantaranya server yang lelet.

“Kendalanya server lelet,juga beberapa TPS berada di daerah terpencil hingga tidak ada jaringan internet serta adanya sistem yang terkadang error ketika petugas KPPS memasukan data hasil perolehan suara dari TPS ke server”,jelas Fathur Rahman.(Ron).