Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Pol A Rachmad Wibowo bersama jajaran meninjau Pos Pam di rest area KM 277

KAYUAGUNG.KABARDAERAH.Com  – Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Pol A Rachmad Wibowo bersama jajaran meninjau Pos Pam di rest area KM 277 jalur mudik ruas Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayuagung, Kamis 4 April 2024.

 

Kapolda meninjau mengecek kesiapan Pos Pam di Rest Area KM 277 Kecamatan Mesuji Raya, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Yakni guna menyambut arus mudik dan balik Lebaran IdulFitri 1445 Hijriah.

 

Berdasarkan pantauan di ruas Tol Terpeka dari Kayuagung hingga Rest Area KM 277 Kecamatan Mesuji Raya, arus mudik masih belum terjadi. Ruas Tol Terpeka masih sepi, meskipun sudah ada kendaraan pemudik dari pulau Jawa menuju Sumatera maupun sebaliknya.

 

Kondisi jalan ruas Tol Terpeka dari Kayuagung menuju lokasi Rest Area mulus dan bagus. Baik dari arah Kayuagung menuju Lampung maupun sebaliknya. Kendaraan yang melintas tanpa hambatan.

 

Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo didampingi Kapolres OKI, AKBP Hendrawan Susanto SH SIk, mengatakan, untuk Pos Pam dan Pos Yan untuk wilayah Kabupaten OKI ada sebanyak 5 yang terdiri dari 5 Pos Pam dan q1 Pos Yan.

 

“Pos Pam Rest Area KM 277 ini, semestinya lebih baik di pinggir jalan agar masyarakat yakni pemudik lebih mengetahui. Ini sedikit masuk,” ujar Kapolda.

 

Kapolda meminta kepada petugas Pos Pam di Rest Area agar kendaraan yang digunakan untuk pengamanan agar dipersiapkan. Sehingga apabila diperlukan telah siap.

 

“Semua fasilitas pendukung untuk pengamanan di Pos Pam ini agar dipersiapkan. Yakni seperti mobil ambulance, kendaraan derek lainnya dan termasuk petugasnya juga harus siap,” terang Kapolda.

 

Dikatakan Kapolda, untuk Rest Area KM 277 cukup besar dan fasilitas pendukung juga ada. Sehingga jelas banyak dimanfaatkan oleh pemudik untuk beristirahat dan keperluan lainnya di arus mudik dan balik pada Lebaran Idulfitri 1445 Hijriah ini.

 

Di Rest Area KM 277 ini juga ada SPKLU untuk kendaraan listrik bagi pemudik. Dimana semua fasilitas umum di Rest Area tersedia, baik itu UMKM, musholah, toilet dan lainnya.

 

Di rusa Tol Terpeka, kendaraan yang melintas dari plat luar dari pulau Jawa sudah ada walaupun masih sepi. Kemungkinan arus mudik baru terjadi pada H-4 dan H-3 Lebaran Idulfitri karena sudah libur sekolah dan kerja.

 

 

Untuk diketahui, di ruas Tol Terpeka disiapkan sebanyak 9 Rest Area untuk menghadapi lonjakan pengunjung saat Lebaran IdulFitri tahun ini.

 

Dimana pengelola ruas Tol Terpeka juga menyiapkan jumlah ketersediaan toilet. Yaitu

sebanyak 827 bilik toilet permanen dan semi permanen telah disiapkan tersebar di 9 Rest Area.

 

Hutama Karya juga berkoordinasi dengan PT Pertamina untuk penambahan SPBU Modular di 3 lokasi (Rest Area KM 277A, KM 306B dan KM 269B). Untuk kapasitas SPBU modular dengan kapasitas 200-400 liter.

 

Lalu, untuk SPKLU juga telah tersedia di 6 lokasi (Rest Area KM 163A, KM 172B, KM 277A, KM 269B, KM 306B dan KM 311A). (Jon)