Peduli Terhadap Isu Perubahan Iklim Global PT BRE Berikan Ratusan Tempat Sampah dan Bak Penampungan Air 

Tapin.KabarDaerah.com – Salah satu sumber emisi Gas Rumah Kaca (GRK) adalah sampah yang tidak dikelola dengan baik, sehingga bisa berdampak besar pada perubahan iklim secara global.

 

Hal itu disampaikan General Manager PT BRE,Feri Januar Feizal usai memberikan sejumlah bantuan dana corporate sosial responcibility (CSR) untuk program kampung iklim (PROKLIM) Desa Bitahan Baru, Kecamatan Lokpaikat, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan, Rabu (8/5).

“Hari ini PT BRE memberikan bantuan berupa tempat sampah sebanyak 280 buah,145 buah bak penampungan air hujan dan 5 paket solar cell serta 290 kantong plastik untuk memilah sampah keluarga atau organik – anorganik”, ungkap Feri Januar Feizal.

 

Dikatakannya, bantuan ini merupakan bentuk dukungan penuh PT Bhumi Rantau Energi anak perusahaan Padang Karunia dan Hasnur Group terhadap masyarakat dalam partisipasi mitigasi perubahan iklim yang merupakan usaha pengendalian untuk mengurangi resiko akibat perubahan iklim.

 

“Resiko tentunya dirasakan masyarakat karena adanya perubahan iklim dunia yang dapat menimbulkan resiko salah satunya pemanasan global”, sebutnya.

 

Harapannya,program pemilahan sampah organik keluarga serta memanfaatkan air hujan untuk mengurangi penggunaan air permukaan dan upaya membantu kebutuhan sehari-hari masyarakat ini, diharapkan mampu menjadi pilot project dalam usaha pengendalian iklim secara terpadu.

 

“Pengendalian iklim harus ditangani bersama untuk meminimalisir resiko dampak emisi gas rumah kaca (GRK) serta mempersiapkan masyarakat dalam perubahan iklim global”, ujarnya.

 

Bantuan ini kata Feri, kemudian akan diserahkan ke seluruh warga Desa Bitahan Baru, dengan harapan menjadikan Deda tersebut lestari dalam partisipasi mitigasi iklim dunia.

 

“Harapan kedepannya, masyarakat dapat mulai beradaptasi terkait perubahan iklim baik dibidang lingkungan, ekonomi, maupun sosial.Serta mengubah mindset masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan mulai dari tingkat lingkungan keluarga atau rumah tangga”, harapnya.

 

Senada dengan itu, Kepala Desa Bitahan Baru, Safaruddin mengapresiasi dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT BRE yang telah memberikan berbagai bantuan peralatan untuk mendukung Proklim didesanya.

 

“Bantuan ini tentunya akan bermanfaat sekali khususnya bagi warga kami, karena secara kebetulan di Desa Bitahan Baru belum ada tempat penampungan sampah secara khusus”, pungkasnya.(Ron).