​Irwandi – Nova Dilantik Memimpin Provinsi Aceh

POLITIK, TERBARU97 Dilihat


Banda Aceh – Provinsi Aceh resmi miliki Gubernur baru, pasca pelantikan Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah sebagai Gurbenur dan Wakil Gurbenur Aceh Priode 2017 – 2022 oleh kementrian dalam negri Tjahjo Kumolo di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) pada Rabu (5/7/2017) sekira pukul 09.00 WIB.

Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh terpilih ini tidak dilakukan di Istana Negara sebagaimana gubernur dan wakil gubernur terpilih provinsi lain.

Hal tersebut dikarnakan payung hukum yang digunakan, bukan Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah (Pemda), melainkan UU Nomor 11 Tahun 2006 Tentang Pemerintah Aceh.

Pada Pasal 69 huruf c UU Nomor 11 Tahun 2006 disebutkan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan gubernur/wakil Gubernur dilakukan oleh mendagri atas nama Presiden Republik Indonesia di hadapan Ketua Mahkamah Syar’iyah Aceh dalam rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA).

Hadir dalam kegiatan tersebut Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo yang menyempatkan diri mendarat ke Aceh untuk mengucapkan selamat kepada Irwandi – Nova dan dijadwalkan Presiden lanjutkan perjalanan ke Turki.

Tinggalkan Balasan