Pemberdayaan PKK Bisa Lebih Ideal Dengan Menggunakan Dana Nagari

LIPUTAN KHUSUS41 Dilihat

SUMBAR.KABARDAERAH.COM- Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Agam terus memaksimalkan pemberdayaan. Salah satu inovasi TP PKK Agam mendorong pemberdayaan dengan dana nagari.

Ketua PKK Agam Ny. Vita Indra Catri, Selasa (10/4) mengatakan, TP-PKK di nagari-nagari mempunyai hak untuk mendapatkan anggaran dari dana desa/nagari di masing-masing nagari, karena 30 persen dari dana desa adalah untuk pemberdayaan masyarakat.

Oleh sebab itu ia juga ikut memotivasi Ketua PKK nagari harus kreatif dan aktif serta memiliki kemampuan untuk memaksimalkan pemberdayaan melalui dana nagari.

“ PKK di nagari memiliki hak atas sebagian dana desa/nagari untuk menjalankan program-program PKK di nagari. Dari 30 persen pemberdayaan masyarakat tersebut, menurutnya, PKK nagari bisa setidaknya mendapatkan anggaran untuk menjalankan program-program pemberdayaan yang telah dirancang,” katanya.

Dikatakannya, PKK nagari tidak bisa mengharapkan dana dari APBD kabupaten saja. Ibu-ibu juga harus memperjuangkannya ke nagari. “ Ketua PKK nagari untuk mengambil sebagian dari dana desa kerena, apabila mengharapkan dari APBD kabupaten saja, maka tidak akan mencukupi,” katanya.

Ia mencontohkan, untuk tahun anggaran 2018 ini sudah ada satu nagari yang menganggarkan sampai Rp117 juta. Semoga nagari lainnya juga menyusul. “ Contohnya apabila dana desanya dua Miliar, 30 persen dari itu sekitar Rp500 juta bisa digunakan untuk pemberdayaan masyarakat. Alhamdulillah,” katanya.

Dengan bantuan dana desa tersebut, PKK nagari bisa membuat berbagai program untuk pemberdayaan masyarakat tanpa harus bergantung kepada anggaran di PKK kabupaten. ” Ibu-ibu Wali bisa membuat sendiri program kerjanya, mulai dari penyuluhan berjenjang, lomba-lomba PKK, serta pembinaan di tingkat nagari,” ungkap Ny. Vita.

Ia mengaku TP PKK Kabupaten Agam terus melakukan inovasi. Beragam terobisan itu mendatangkan prestasi, baru batu ini Di hari Kesatuan Gerak PKK ke-46 tahun 2018 tingkat Provinsi Sumbar, TP-PKK Kabupaten Agam memboyong tiga penghargaan diberbagai kategori perlombaan.

Dari tiga penghargaan itu adalah Juara I Lomba PKK KB KES disabet Nagari Kamang Hilia kategori PHBS, Juara I Lomba Dasawisma, diraih Nagari Tanjung Sani, dan Juara II Llomba Posyandu, Nagari Kamang Hilia. (Gun/rel)