Sebanyak 1.405 Siswa SDN, Se-Kecamatan Kayuagung Bakal Ikuti USBN

LIPUTAN KHUSUS32 Dilihat

Sumsel.kabardaerah.com – Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Kayuagung Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Gusjang SPd, MSi mengatakan jika mulai besok, Kamis(3/5), seluruh siswa tingkat dasar bakal mengikuti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).

Untuk di Kecamatan Kota Kayuagung, kegiatan USBN ini akan diikuti sebanyak 1.405 siswa,” Kegiatan USBN ini dilaksanakan selama tiga hari. Dengam mata pelajaran yang diujikan yakni Matematika, IPA, dan Bahasa Indonesia,”terang Gusjang, saat dikonfirmasi, diruang kerjanya, Selasa (2/5).

Di jelaskan nya, selain ada USBN siswa yang ada juga nanti nya akan mengikuti ujian teori dan praktek mata pelajaran lainya di sekolah. Sedangkan untuk soal USBN sendiri telah disusun dari gugus sekolah. Yakni 20 persen dan 80 persen soal kisi-kisinya yang berasal dari Kemendikbud.

“Kelulusan siswa akan ditentukan oleh sekolah masing-masing sesuai dengan POS (Prosedur Operasional Sekolah) USBN,” papar Gusjang.

Lebih lanjut dikatakannya, jika sebelumnya pihak sekolah telah melakukan persiapan untuk menghadapi USBN ini. Seperti try Out satu kali, UPTD Pendidikan Kayuagung sebanyak satu kali dan tambahan belajar di sekolah masing-masing.

“Bagi siswa yang berhalangan hadir seperti sakit atau ada masalah dan hal penting lain nya sehingga tidak bisa mengikuti USBN ini, maka bisa mengikuti ujian susulan pada 7 Mei 2018,”jelas nya.

Terpisah, sementara itu Kepala SDN 1 Kayuagung, Asmarawati SPd mengaku jika sekolah yang dipimpin nya sudah siap untuk melaksanakan USBN.

“Jumlah siswa kami yang akan mengikuti ada sebanyak 75 orang. Jumlah ini lebih sedikit bila dibandingkan dari tahun lalu yang tercatat ada sekitar 81 siswa. Karena hal ini disebabkan banyaknya siswa yang pindah kesekolah lain,” tutur nya.

Asmarawati juga menambahkan, bahwa ke 75 siswanya yang bakal mengikuti USBN ini, pihaknya akan menggunakan empat ruangan yang telah disiapkan.

(Syakbanudin)