BKAN Kinali Gelar Sunatan Massal

DAERAH1191 Dilihat

SUMBAR. KABARDAERAH.COM- Badan Kerjasama  Antar Nagari Sayang Tak Sudah (BKAN-STS) menggelar sunatan masal di Aula Kantor Camat Kinali, Jumat (05/07/2019). Kegiatan itu diikuti Lebih 70 anak, dihadiri langsung oleh, Wakil Bupati Pasaman Barat (Pasbar) H. Yulianto.

Dalam kesempatan itu Wabup Pasbar H. Yulianto mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi tingginya kepada  Badan Kerjasama Antar Nagari Sayang Tak Sudah (BKAN STS) yang telah mengadakan kegiatan sunatan masal ini.

“Ini adalah kegiatan mulia dan manfaatnya terasa langsung di lingkungan masyarakat serta harus di contoh oleh para camat dan para wali nagari lainnya yang ada di wilayah kabupaten Pasbar ini,” ujar Yulianto.

Yulianto juga mengatakan kegiatan ini sangat membantu masyarakat dalam  mengurangi beban. Jadikanlah kegiatan sunatan masal ini sebagi bentuk perwujudan persatuan dan kekompakan kita.

Ini juga momentum sebagai kewajiban untuk berhijrah menuju nilai-nilai kebaikan serta sebagi bentuk komitmen pelaksanaan  ajaran Sunnah Nabi Muhammad. SWT.

Yulianto pun berharap, semoga kegiatan tersebut dapat terus berjalan setiap tahunnya. Karena pastinya, melalui kegiatan tersebut bisa membantu meringankan beban warga kurang mampu.

“Harapan kegiatan ini menjadi sebuah pemahaman yang mendasar atas penerapan segala bentuk Sunatullah segala sandi kehidupan pribadi, berorganisasi maupun bermasyarakat,” kata Yulianto.

Ketua BKAN Jon Helmat Joni mengatakan tujuan untuk mengadakan sunatan masal ini bertujuan mewujudkan Ukhuwah Islamiah di antara sesama umat muslim khususnya masyarakat Kinali dan sekitarnya membantu meringankan beban orang tua yang kurang mampu untuk mengkhitankan anaknya.

Menurutnya, program Badan Kerja Sama Antar Nagari (BKAN) Kecamatan Kinali melalui program bantuan sosial terus menggalang potensi umat untuk saling peduli terhadap sesama.

Jon Helmat Joni juga mengatakan, bakti sosial sunatan masal ini diadakan di dua tempat, pertama di Posyandu Mandiagin yang dilaksanakan pada hari kamis kemaren dan di Aula Kantor Camat Kinali pada hari keduanya. Jumlah anak yang mengikuti sunatan masal ini lebih kurang 70 orang. Setiap peserta khitanan juga diberikan bingkisan baju koko dan sarung.

Dalam kesempatan itu, turut hadir Camat Kinali Bakaruddin, Wali  Nagari Kinali Syafrial, Ketua BKAN Jon Helmat Joni, Forkopimca Kinali, Tokoh Masyarakat beserta Niniak Mamak Kinali. **

(Rizal)