Inovasi OPD, Pasar Rakyat Tanah Datar Kembali Raih Prestasi

BERITA UTAMA49 Dilihat

TANAH DATAR (SUMBAR), KABARDAERAH,- Belum lama ini, keberadaan pasar rakyat sebagai pertumbuhan ekonomi masyarakat mampu meraih prestasi nasional dan mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat. Dan menjelang HUT kemerdekaan RI ini, prestasi itupun diraih Pasar Batusangkar di tingkat Provinsi.

Inovasi pembangunan dan program yang diberikan oleh OPD terkait di Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat mampu menyelaraskan sektor pembangunan dan sektor ekonomi. Ketertiban administrasi pedagangpun terpelihara berkat inovasi itu.

Kepala Dinas Perdagangan Tanah Datar Marwan, Jumat (16/08) menyebutkan, Pasar Batusangkar kembali mendapatkan prestasi di bidang ketertiban, baik tertib ukur, tertib lingkungan dan kebersihan tingkat provinsi Sumatera Barat.
Pasar rakyat itu berada di lima besar bersama Pariaman, Padang Panjang, Pesisir Selatan dan Kabupaten Dharmasraya.

“Pasar Batusangkar di hari Kemerdekaan RI ke 74 ini berhasil masuk lima besar dari penilaian pasar rakyat di seluruh Sumatera Barat, dan merupakan prestasi yang sangat kita harapkan,” ucap Marwan.

Katanya, penilaian pasar rakyat oleh Pemprov Sumbar ini membuktikan inovasi yang diterapkan pihaknya dengan melibatkan OPD lain berhasil memberikan keramahan pedagang di pasar Batusangkar.

“Dengan program Jaksa Masuk Pasar, salah satu indikator penilaian yang berhasil menarik tim penilai. Ada 30 jenis indikator penilaian lainnya yang terus kita pertahankan hingga saat ini,” tutur Marwan.

Ia menambahkan, sangat mengapresiasi Kejaksaan Negeri yang selalu memberikan konsultasi hukum gratis kepada pedagang dan pengunjung di pasar Batusangkar.

“Prestasi ini makin memantapkan niat baik pemerintah untuk segera membangun Pasar Batusangkar, butuh dukungan semua pihak agar secepatnya terlaksana,” pungkas Mantan Kadis Pariwisata ini. (Bdoy)