13 Orang Warga Tanah Datar Jalani Karantina di Islamic Center

BERITA UTAMA32 Dilihat

TANAH DATAR, KABARDAERAH,- Diduga pernah kontak erat dengan pasien positif Covid-19, sebanyak 13 orang warga kabupaten Tanah Datar akan dikarantina Isamic Center Pagaruyung.

Rencananya, ke 13 orang tersebut akan mulai memasuki karantina selepas magrib pada Senin (04/05/2020) ini.

“Ke 13 orang tersebut berasal dari nagari Panyalaian dan Batipuh, serta satu orang dari kecamatan Sungayang,” ungkap Roza Mardiah, Jubir Protokol Kesehatan Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Senin (04/05/2020) di Batusangkar.

Ia menjelaskan, jika penyebaran dari warga yang dikarantina ini selain dari kontak erat dengan pasien positif corona di Panyalaian, juga dari RSUD Padang Panjang.

Sementara, satu orang asal Sungayang merupakan orang yang pernah kontak erat dengan pasien positif Covid-19 dan telah dimakamkan di Sungayang beberapa waktu lalu.

“Kita telah melakukan test swab kepada 13 orang itu, dan hari selepas magrib nanti akan dikarantjna di Islamic Center Pagaruyung,” kata Roza.

Selama dikarantina jelas Roza, seluruhnya akan kembali dilakukan pengambilan sampel swabnya karena mereka masuk dalam kategori Orang Tanpa Gejala (OTG)

“Test swab akan dilakukan sebanyak dua kali dan observasi, sampai hasil labnya keluar untuk memastikan kondisi ke 13 warga tersebut, apa tetap dikarantina atau boleh untuk pulang,” jelasnya.

Sementara itu, Islamic Center yang dijadikan pemerintah tempat karantina tersebut, telah menyediakan sebanyak 27 kamar yang terdiri beberapa block.

Masing-masing block terdapat beberapa kamar, yang akan dihuni satu orang dengan fasilitas yang lengkap. (Bdoy)