Nasdem Peduli Kembali Salurkan 300 Paket Sembako di Raja Ampat

POLITIK206 Dilihat

KABARDAERAH.COM –  DPD Partai Nasdem Kabupaten Raja Ampat kembali menyalurkan bantuan 300 paket sembako kepada warga yang terdampak virus corona (covid-19) di Waisai, Raja Ampat.

Ketua DPD Partai Nasdem, Manuel Piter Urbinas, S.Pi.,M.Si mengungkapkan kegiatan ini masih dalam rangkaian gerakan Nasdem Peduli, untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak secara ekonomi oleh wabah covid-19.

“Lokasi yang kami jangkau hari ini adalah di sekitar Gereja Sakinah (Sakhenah), Perumahan 300, Barak Pegawai, dan MTS Waisai, dengan pola yang sama door to door guna menghindari kerumunan jika penyaluran dilakukan pada satu tempat,” ungkapnya yang juga menjabat Wakil Bupati Raja Ampat.

Menurutnya, ada dua hal yang menjadi motivasi Partai Nasdem untuk berbuat sesuatu saat pandemi corona melanda, yang pertama kata Urbinas adalah membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari.

“Beban yang dipikul masyarakat semakin berat, menurunnya penghasilan akibat aktivitas ekonomi yang menurun drastis selama wabah, yang mana wabah dan anomali ekonomi ini belum bisa dipastikan kapan akan berakhir,”  terangnya.

Yang kedua adalah selain membantu masyarakat, Ia berharap aksi nyata yang dilakukan DPD Nasdem Raja Ampat ini juga dapat membantu pemerintah.

“Membantu pemerintah pusat dan daerah, dalam artian bahwa seluruh program social safety net yang dilaksanakan oleh Presiden secara berjenjang tentu belum dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat, pasti ada yang terlewatkan dan belum tersentuh dan untuk menambal kekosongan itulah kami bergerak,”  jelasnya.

Tujuannya kata Urbinas adalah ditengah pandemi ini, ditengah situasi sulit ini, masyarakat merasa bahwa ada saudara sebangsa setanah airnya yang hadir mengulurkan tangan membantu meringakan bebannya.

“Secara fisik memang saat ini kita diwajibkan untuk membentuk jarak, secara sosial masyarakat kita diharuskan menjaga jarak, tetapi tidak boleh ada jarak untuk kemanusiaan,” kata Urbinas.

Kepada masyarakat muslim yang tinggal di sekitar MTS Waisai, Ia berharap bantuan yang diberikan bisa bermanfaat, terlebih saat ini umat muslim sedang menjalankan ibadah puasa bulan ramadhan.

“Saya tahu saudara-saudaraku muslim di Raja Ampat terutama di Waisai menjalankan puasa ramadhan kali ini dengan situasi yang sama sekali berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, bahkan mungkin baru terjadi pertama kalinya puasa ramadhan ditengah ancaman wabah penyakit,”tutur Urbinas.

Ia juga meminta agar masyarakat menaati himbauan pemerintah untuk berpuasa dan beribadah dari rumah.

Ia mengaku memahami dengan sungguh umat muslim (Islam)  tidak dapat menggelar buka puasa bersama layaknya tradisi bulan ramadhan selama ini, menggelar ibadah shalat tarawih berjamaah seperti ramadhan-ramadhan sebelumnya, dan juga lebaran nanti yang berasal dari daerah lain seperti jawa, bugis Makassar, buton, dan lain-lain tidak dapat mudik dan berkumpul bersama keluarga dikampung.

“Di titik ini kesabaran dan keikhlasan kita semua benar-benar diuji, namun yakinlah harapan itu selalu ada, dengan kedisiplinan kita bersama, menerapkan protokol kesehatan untuk pengendalian wabah, mentaati seluruh himbauan pemerintah untuk beribadah dari rumah, tidak mudik ke kampung, kita akan terbebas dari wabah ini dan kita akan keluar dari situasi sulit ini,” ujarnnya.

Dalam kesempatan ini, Urbinas mengajak agar di bulan ramadhan umat muslim untuk terus berdoa bagi Raja Ampat, bagi Papua Barat dan bagi Indonesia agar segera terbebas dari wabah penyakit covid-19.



(RIS)