Puskesmas dan RSUD di Agam Sudah Terima Vaksin Covid-19, Penyuntikan Besok

ADVERTORIAL59 Dilihat

Kabar Daerah| Agam 

– Dinas Kesehatan Kabupaten Agam, telah menuntaskan pendistribusian Vaksin Covid-19 keseluruh puskesmas dan RSUD.

Kabid Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Agam, Tri Pipo kepada KABAR DAERAH, Minggu (31/1) mengatakan, vaksin sudah didistribusikan ke-23 puskesmas dan RSUD sejak kemarin.

“Vaksin diantarkan langsung oleh Dinas Kesehatan, yang dikawal anggota Polres Agam,” ujarnya.

Ia mengatakan, vaksin untuk Agam sebanyak 2.600 vial, didistribusikan baru untuk satu kali penyuntikan sebanyak 1.300 vial, yang akan disuntikan ke 1.292 orang tenaga kesehatan.

Sedangkan 1.300 vial lainnya didistribusikan jika akan melakukan penyuntikan kedua. Jarak penyuntikan pertama dengan kedua selama 14 hari

“Insyaallah, vaksinasi akan dilaksanakan besok, yang sebelumnya dilakukan pencanangan di Kantor Bupati Agam sekitar pukul 10.00 WIB,” sebutnya.

Setelah pencanangan, katanya, akan dilakukan penyuntikan vaksin pertama ke sejumlah pejabat Agam, yang namanya sudah terdaftar di Dinas Kesehatan. Pencanangan disaksikan seluruh puskesmas secara virtual.

“Sebelum penyuntikan, peserta akan diperiksa kondisinya terlebih dahulu, apabila peserta mengalami hipertensi, maka vaksinasi tidak dapat dilakukan,” terang Tri Pipo.

Ia menuturkan, dalam hal ini Dinas Kesehatan menyiapkan tenaga vaksinator sebanyak lima orang per puskesmas dan 10 orang di RSUD, yang telah diberikan pelatihan untuk melakukan vaksinasi ini.

Sementara itu, sebanyak 46 vial vaksin Covid-19 Sinovac sudah tiba di Puskesmas IV Koto pada Sabtu (30/1), sekitar pukul 11.00 WIB.

Kepala Puskesmas IV Koto, Yori Sulistia menyebutkan, bahwa pihaknya menyatakan siap untuk dilakukan vaksinasi.

Puskesmas-nya pun telah menyediakan ruangan penyimpanan khusus vaksin dan lemari pendingin.

“Insya Allah kita tenaga kesehatan siap untuk divaksinasi. Harapan, agar masyarakat tidak takut dan tidak ragu terhadap vaksin ini, “jelasnya.

Pentingnya vaksinasi menurut Yori, agar memberikan antibodi pada tubuh serta mencegah terpaparnya virus corona.

(okta)