Dinilai Berhasil Penerapan New Normal PPKM Level 1, Kota Blitar Dapat Apresiasi dari Menko Marinves

BERITA UTAMA13 Dilihat

KABARDAERAH.COM. JAKARTA Kota Blitar menjadi salah satu kota di Indonesia yang mampu mencapai level 1 pada masa Pandemi Covid-19. Sinergitas antar lembaga daerah dan juga masyarakat di daerah tersebut jadi kunci keberhasilan. Selaku Koordinator PPKM Darurat Jawa-Bali, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan menyampaikan apresiasinya kepada warga Kota Blitar.

“Saya apresiasi sekali yang teman-teman di Kota Blitar lakukan, terutama kepada Wali Kota Blitar, Kapolres Blitar Kota, dan Dandim 0808 Blitar yang sudah bekerja keras menurunkan Covid-19 di sana,” ujar Menko Luhut dalam pertemuan langsung dengan Walikota Blitar, Kapolres Blitar Kota dan Dandim 0808 di Jakarta pada Hari Kamis (11-11-2021).

Keberhasilan dari Kota Blitar di Provinsi Jawa Timur tidak lepas dari penggunaan sistem data yang terkelola dengan baik. “Kita harus menggunakan data dalam memutuskan apapun, supaya semua kebijakannya benar dan terkendali,” tambah Menko Luhut.

Dalam penentuan sebuah level PPKM di sebuah daerah, perlu diperhatikan berbagai indikator. Indikator ini misalnya jumlah kasus konfirmasi kurang dari 20 per 100.000 penduduk per minggu, angka rawat inap di rumah sakit harus berada pada angka kurang dari 5 per 100.000 penduduk per minggu, dan hal lainnya adalah angka kematian yang harus kurang dari 1 per 100.000 penduduk per minggu. Beberapa indikator ini, sudah dapat dipenuhi oleh Kota Blitar beberapa waktu lalu sehingga menjadikan kota ini sebagai kota pertama di Indonesia yang masuk di level 1.

“Kami berterima kasih atas apresiasi yang telah bapak sampaikan dan ini akan terus kami pertahankan. Sinergi antara lembaga pemerintahan di Blitar sangat baik dan ini jadi kunci utama,” kata Walikota H. Santoso.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Blitar Kota juga menyampaikan, “pencapaian keberhasilan Level 1 Kota Blitar ini berkat kerjasama antara Pemerintah Kota Blitar, Polres Blitar Kota dan Kodim 0808 yang selalu bersinergi menghadapi Covid 19 dan ini akan kami pertahankan, saya selaku kapolres akan bekerja semaksimal mungkin untuk mensukseskan program pemerintah dalam penanganan covid 19 sampai kondisi benar benar pulih” ujar Kapolres Blitar Kota

Di dalam pertemuan yang dilakukan secara langsung di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) ini juga turut dibahas mengenai adanya potensi kasus baru varian Covid-19. Menurut Menko Luhut, dalam keadaan yang sudah membaik ini, justru seluruh masyarakat Indonesia perlu terus mendisiplinkan diri dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Intinya kita harus terus disiplin protokol kesehatan dan tetap hati-hati sampai obat Covid-19 ini ketemu,” tegas Menko Luhut. (Red)