Pengurus DPD KNPI Halmahera Barat Resmi Dilantik

LIPUTAN KHUSUS31 Dilihat

MALUT, kabardaerah.com – Pengurus DPD KNPI Halmahera Barat Maluku Utara resmi dilantik, Sabtu (23/4/2022) malam.

Acara pelantikan dan rapat kerja KNPI Halmahera Barat yang bertajuk “Pemuda mandiri, rakyat sejetara” ini dilaksanakan di Desa Akelamo Kecamatan Sahu Timur, turut dihadiri dalam acara pelantikan ini Ketua Umum DPP KNPI, Haris Pratama beserta rombongan, ketua DPD KNPI Provinsi Maluku Utara F Imanlluah Muhammad beserta rombongan dan unsur Forkopimda dan juga OKP OKP di Halbar.

Pengurus DPD KNPI Halbar dilantik oleh Ketua DPD Provinsi Malut F Imanlluah Muhammad.

Ketua DPD KNPI Halbar, Charles Ricard dalam sambutannya menyampaikan, sesungguhnya DPD KNPI Halbar telah melaksanakan Musda pada 2021 lalu, hasil Musda tersebut lantas ia terpilih sebagai ketua DPD KNPI.

“Bagi saya pemimpin yang hebat itu pemimpin yang mampu menciptakan momentum bukan menanti datangnya momentum,” katanya.

Charles yang juga sebagai Ketua DPRD Halbar ini menyebutkan, sejarah bangsa ini adalah sejarah anak muda, di mana negara ini berdiri tegak atas sumpa anak muda.

“Pada 1928 sejarah negeri ini bahkan sampai di Maluku Utara, berpijak dan menjadi kabupaten Halmahera Barat juga atas corong anak muda,” ujarnya

Sejarah telah membuktikan bahwa pembaharuan selalu di motori oleh perkasa generasi muda sehingga tidak bisa dipungkiri bahwa pemuda adalah aset yang sangat berharga, oleh karenanya DPD KNPI Halbar punya visi menjadikan KNPI sebagai organisasi kepemudaan yang kompeten, aspiratif, tangguh, kreatif dan vesioner, sehinnga acara pelantikan dan rakerda ini kami angkat tema “Pemuda mandiri, Halbar sejetera,” tambahnya.

Dia menjelaskan, pemuda adalah tumpuhan masa depan negeri ini, untuk itu mempersiapkan negeri ini yang mandiri dan berdaya saing harus di mulai dengan mempersiapkan kemandirian ekomoni kapasitas pemuda saat ini.

Kesiapakan yang akan dilakukan saat ini, DPD KNPI kedepan adalah kader pemuda pembangunan serta pemuda desa kreatif.

“Untuk Pemda, kita akan tetap menjadi mitra kritis kebijakan kebijakan yang besar, mudarat daripada manfaat maka patut kita kritisi,” tandasnya.

Sementara, Ketua DPD KNPI Provinsi Maluku Utara F Imanlluah Muhammad mengatakan, memberi apresiasi kepada panitia yang mana dapat menghadirkan forum yang luar biasa ini. Sebab, kata dia sejarah dalam KNPI Malut ini ketika acara pelantikan belum ada yang dilakukan seperti pelantikan hari ini.
“Sudah ada tiga kabupaten/kota yang kami lantik, baru hari ini pelantikanya luar biasa, artinya bahwa ketua KNPI Halbar ini faham betul makna dari KNPI untuk rakyat jadi saya pikir bukan soal tempat, tapi subtansi dari pelantikan ini apa yang sudah menjadi visi misi ketua KNPI Halbar wajib hukumnya dua atau tiga tahun kedepan harus di realisasi,” jelasnya.

“Tadi saya dengar, Pak Bupati tidak hadir, bagi saya tidak ada masalah karena substansi pelantikan ini cukup di hadiri oleh ketua DPD Malut, apalagi ada ketua umum itu sudah sah, jadi yang mengesahkan kepengurusan itu bukan pemerintah tetapi pengurus DPD Malut,”ujarnya.

Dia juga menyentil soal tema pelantikan yakni Pemuda mandiri, rakyat sejatera.

“Saya liat ada yang menarik dari tema ini, yakni pemuda mandiri, rakyat sejatera imi saya pikir ini bisa jadi visi misi Bupati Halbar 2024,”katanya.

Pada kesempatan itu, Ketua DPP KNPI Harus Pratama mengatakan, KNPI ini adalah miniatur Indonesia. Menurutnya, menjalankan organisasi KNPI bukan seperti menjalankan OKP tapi bagaimana mengsolidkan OKP yang berhimpun ini bisa menjadi satu kesatuaan.

Dia menyebut, visi Presiden RI Joko Widodo yang mans bakal membuat negara Indonesia yang baru di tahun 2045 mendatang.

“Karena memasuki bonus demokrafi. Nah, di sinilah peran KNPI harus ada, kenapa yang harus di pahami dari ucapan visi misi dari seorang presiden adalah kejayaan di 2045 adalah karena bonus demokrafi yang terjadi, bonus demokrafi itu apa? Bagaimana usia produktif lebih banyak dari usia non produktif. Jadi usia produktif ini siapa? Ya kita pemuda Indonesia, nah itu yang harus dijaga,”ujarnya

Reporter : Irwan FK
Editor : Sahril H. Hi. Kasim