Kunjungi KKI di Utara Italia, Dubes Vatikan : Mari Jalan Bersama,Saling Menjaga Komunikasi !

INTERNASIONAL59 Dilihat

ITALIA UTARA,KABARDAERAH.COM-Duta Besar (Dubes) RI untuk Tahta Suci Vatikan, YM Laurentius Amrih Jinangkung, S.H., LL.M mengunjungi KKI (Komunitas Katolik Indonesia) yang berdomisili di kota Milan, Utara Italia, Minggu (12/6/2022). Adapun, kunjungan kerja ini bertepatan dengan Perayaan Hari Tri Tunggal Maha Kudus yang dirayakan oleh umat Kristen Katolik di seluruh dunia.

Ketua Panitia, Shirley H Mandelli, bahwa Kunjungan silaturahmi ini merupakan momen mahapenting bagi Komunitas Keluarga Katolik di Utara Italia.

“Peristiwa (silaturahmi) ini bertepatan dengan Hari Tritunggal Maha Kudus, dimana kawan-kawan dari KKI (Komunitas Katolik Indonesia) Utara Italia mendapat hadiah besar dari Sang Trinitas melalui kunjungan dari Dubes RI untuk Tahta Suci Vatikan, YM Laurentius Amrih Jinankung. Beliau datang didampingi oleh istri tercinta Ibu Bertha dan anak-anak mereka, beserta rombongan KBRI Vatikan,” kata Shirley kepada media ini, Senin (13/6/2022).

Atas nama Panitia, Shirley H Mandelli mengajak para biarawati Indonesia beserta para undangan yang tergabung dalam KKI Utara Italia untuk hadir dan secara kekeluargaan dan bersama-sama menyambut kedatangan Bapak Dubes dan rombongannya.

“Kami sangat bahagia dan penuh antusias akan kabar gembira ini. Karena untuk pertama kalinya mendapat kunjungan dari Bapak Duta Besar RI untuk Tahta Suci Vatikan membangun tali silaturahmi dengan mengunjungi langsung Komunitas Keluarga Katolik Indonesia (KKI) maupun keluarga Indonesia lainnya yang turut bergabung saat ini,” kata salah satu Suster biarawati.

Shirley H Mandelli menyampaikan terima kasih kepada Sr Yolanda, FSE bersama dua suster FSE lainnya yang berkarya di kota Milan di Paroki Madonna dei Poveri (Santa Maria Bunda Orang Miskin),yang telah berbaik hati menyediakan ruang pertemuan, makanan untuk santap siang.

Partisipasi juga datang dari seluruh anggota KKI,termasuk para biarawati Indonesia dari ordo POSC, OP, ASP pun ikut hadir membawaserta makanan untuk dinikmati bersama sebagai satu Keluarga, Indonesia Diaspora di kota Milan,Utara Italia.

“Semua disiapkan secara bersama-sama ‘gotong royong’ dengan hati yang penuh sukacita menyambut kedatangan orangtuanya. Semua anggota masing-masing ambil bagian dalam acara yang sederhana namun penuh makna ini,” kata dia.

“Kami selaku panitia silaturahmi bersama Bapak Dubes Amrih, mengajak para kaum muda Indonesia yang tengah studi di Milan yang sebagian menjadi anggota grup KKI Utara Italia untuk ikut meramaikan acara ini,” kisah Shirley.

Ajakan panitia silaturahmi bersama Dubes RI untuk Tahta Suci Vatikan pun mendapat sambutan dari Andrea, selaku ketua PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) Milan.

Satu hal yang sangat luar biasa, kata Shirley, meski dengan durasi waktu yang singkat, teman-teman dari PPI di kota Milan ini mampu menghadirkan sebuah hiburan dalam tarian untuk memeriahkan momen bahagia ini.

Raras, salah satu anggota PPI Milan pun dengan suka cita menyiapkan tarian yang hari itu dipentaskan dalam acara kunjungan Dubes RI untuk Tahta Suci Vatikan, YM Laurentius Amrih Jinankung.

“Saya bertanya kepada Andre, apabila ada pelajar Indonesia yang ingin menyumbang sebuah tarian untuk menghibur Bapak Dubes dan semua hadirin. Secara spontan Andrea langsung menjawab ‘ya’ ada dari kawan muda kami yang baru, Raras,” ujar Shirley.

Dalam sambutanya, Shirley mewakili KKI Utara Italia menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas kesediaan Bapak Dubes yang telah rela meluangkan waktu di tengah kesibuakannya, untuk mengunjungi Keluarga Katolik Indonesia di Pesta Tri Tunggal Maha Kudus, Minggu (12/6/2022) di Kota yang dijuluki “raksasa permainan” kulit bundar (sepak bola) dunia, club bola papan atas AC Milan (Associazione Calcio Milan) di Utara Itiali itu.

“Pada kesempatan ini, kami dan khususnya para biarawati Indonesia yang jumlahnya cukup banyak tersebar, berkarya di Utara Italia. Sekaligus mengucapkan selamat atas amanat baru beliau sebagai Dirjen Hukum dan Perjanjian Internasional Kementrian Luar Negeri RI,” ujar Ketua Panitia, Shirley H Mandelli.

Sementara itu, Dubes Amrih menyampaikan rasa rasa syukur atas sambutan dari Komunitas KKI pun Indonesia Diaspora di kota Milan. Ia mengajak supaya semua selalu berjalan bersama dan saling menjaga komunikasi. Dubes berharap agar apa yang telah terjalin jangan berhenti dan beliau dan Ibu tetap dapat dihubungi.

Setelah sesi “perkenalan dan sharing misi” dari Sr Yolanda FSE, Sr Kornelia POSC dan Sr Kamilia OP serta dari kaum muda yang diwakili oleh Andrea dan Raras, acara dilanjutkan dengan makan siang yang diawali dengan Doa dipimpin oleh Ibu Bertha.

Acara selanjutnya adalah pentas seni tari yakni “Tari Kebyar Duduk” oleh Raras yang telah menarikan dengan begitu lincah dan cantik tarian khas Bali ini.

Setelah dihibur dengan Tari Kebyar Duduk oleh Raras, para tamu undangan melanjutkan dengan pemberian tanda kasih dan kenangan dari Panitia untuk Bapak Dubes dan keluarga, Staf KBRI Vatikan, para suster dan tamu yang hadir, serta para pelajar.

Sedangkan sebagai tanda kasihnya kepada para misionaris Indonesia, Pihak KBRI Vatikan memberikan hadiah untuk mereka yang diterimakan oleh Sr Yolanda FSE.

Acara “Silahturahmi” ini berlanjut dengan menyanyikan bersama lagu “Tanah Airku” ciptaan Ibu Soed yang dipimpin oleh Sr. Kamilia OP, para suster menyanyikan lagu ini dengan begitu merdu semakin membangkitkan kecintaan akan tanah air.

Tak lupa,para misionaris ini menyanyikan lagu Flobamora yang dibawakan oleh para suster yang kini berkarya di kota Milan dan sekitarnya.

Acara kunjungan silaturahmi ini ditutup dengan Doa yang dipimpin oleh Sr. Yolanda selaku tuan rumah. Adapun, Doa bersama sesuai keyakinan agama masing-masing, memohon berkat dari Tritunggal Maha Kudus untuk setiap orang yang hadir.

Di penghujung silaturahmi, suasana semakin terasa sukacita ketika Bapak Dubes dan Ibu bersama Raras, para biarawati dan hadirin menggoyangkan tubuh mereka berjoget “Poco-poco”.

“Sungguh, sebuah ajang pertemuan lepas kangen antara orang tua asu bagi KKI dan Indonesia Diaspora di Utara Italia, hari itu sungguh mengesankan. Suatu perjumpaan yang membahagiakan sekaligus mengharukan dengan Bapak Dubes RI untuk Tahta Suci Vatikan, YM Laurentius Amrih Jinankung, dengan Ibu Bertha dan rombongan KBRI Vatikan. Terima kasih Bapak Dubes,Ibu dan semua rombongan Tahta Suci Vatikan yang telah merelahkan waktu,tenaga untuk bersama-sama meski kami,” sehat selalu Bapak. **

Penulis : Shirley H Mandelli (Utara Italia)
Editor : Domi Dese Lewuk.