Pengganti Zulkifli Hasan di MPR RI, Yandri Susanto Resmi Dilantik Ini Pesan Bamsoet

D.K.I JAKARTA105 Dilihat

JAKARTA-Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) Bambang Soesatyo resmi melantik PAN Yandri Susanto sebagai Wakil Ketua MPR RI menggantikan Zulkifli Hasan yang diangkat Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Perdagangan RI.

Pelantikan dan pengambilan sumpah Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto sebagai Wakil Ketua MPR RI Yandri Susanto Penggantian Antar Waktu (PAW) MPR RI, di Komplek MPR RI, Jakarta, Kamis (30/6/2022).

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai Wakil Ketua MPR dengan sebaik baiknya dan seadil adilnya bahwa saya akan memegang teguh Pancasila dan menegakan UUD NRI 1945 serta peraturan perundang undangan,” ucap Yandri dipandu Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet).

“Bahwa saya akan menegakkan kehidupan demokrasi serta berbakti kepada bangsa dan negara. Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah yang saya wakili untuk mewujudukan tujuan nasional demi kepentingan bangsa kesatuan Republik Indonesia,” lanjutnya.

Dalam sambutannya, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan, kehadiran Yandri membuat komposisi kepemimpinan MPR RI kembali lengkap, sehingga bisa membantu menyukseskan berbagai agenda penting MPR RI seperti Sidang Tahunan MPR RI pada 16 Agustus 2022, Peringatan Hari Konstitusi yang dirangkaikan dengan Hari Lahir MPR ke-77 pada 18 Agustus 2022, hinga pembentukan Forum MPR Dunia.

“Sidang Tahunan MPR yang dirintis oleh MPR masa kepemimpinan Bang Zulkifli Hasan harus terus terpelihara dengan baik. Dilaksanakan untuk meneguhkan konvensi ketatanegaraan, sesuai dengan prinsip demokrasi konstitusional, bahwa kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar.

Sesuai hasil rapat konsultasi pimpinan MPR dengan berbagai pimpinan lembaga negara seperti DPD RI, MA, MK, BPK, dan KY yang dilakukan pada tahun 2020 lalu, disepakati bahwa Sidang Tahunan MPR RI akan memfasilitasi para pimpinan Lembaga Negara menyampaikan laporan kinerjanya selama setahun terakhir kepada rakyat secara langsung. Kita harapkan bisa terealisasi pada Sidan Tahunan MPR RI 2022,” tegas Bamsoet.

Politikus Golkar yang pernah menjabat Ketua DPR RI ke-20 dan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini pun menyinggung soal persiapan peringatan Hari Konstitusi yang merupakan rintisan MPR pada masa kepemimpinan sebelumnya , bukan hanya sebagai kegiatan seremonial semata. Melainkan menjadi tanggungjawab sejarah untuk meneguhkan arah cita-cita Indonesia merdeka.

Ketua MPR mengajak para pimpinan lembaga yang dipimpinnya saat ini sebagai bahan evaluasi di usia Kemerdekaan Bangsa Indonesia Ke-77 tahun yang akan diperingati 17 Agustus 2022 mendatang.

“Dijadikan sebagai bahan evaluasi dan penetapan barometer, bagaimana pelaksanaan konstitusi dan capaiannya dalam praktek kehidupan berbangsa dan bernegara. Konstitusi sebagai hukum dasar merupakan kesepakatan umum warga negara mengenai norma dasar dan aturan dasar dalam kehidupan bernegara. Kesepakatan ini utamanya menyangkut tujuan dan cita-cita bersama, landasan penyelenggaraan negara, serta bentuk institusi dan prosedur ketatanegaraan,” ujarnya mengajak.

Bersamaan dengan itu, Ketua MPR Bambang Soesatyo juga melantik dan mengambil sumpah untuk beberapa anggota DPR RI yang baru saja dilantik jadi Anggota DPR Perganti Antar Waktu di antaranya, Riswan Tony DK dari Fraksi Partai Golongan Karya, Difriadi dari Fraksi Partai Gerindra, , dan Ravindra Airlangga dari Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar).

Hadir dalam pelantikan antara lain pimpinan MPR RI, yakni Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid, Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat, Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid, dan Wakil Ketua MPR RI Arsul Sani. Kemudian, Mendagri Tito Karnavian, dan sejumlah kader PAN.** (Domi Lewuk).