Strategi Puan Maharani Menangkan Pemilu 2024 di Sumbar

Sumbar.KabarDaerah.com-Belakangan ini, nama Ketua DPR RI Puan Maharani disebut-sebut akan melangkah ke kontestasi bursa calon presiden dan wakil presiden (Capres-Cawapres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Meskipun secara elektabilitas Puan masih tertinggal dibanding tokoh lain seperti Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Ridwan Kamil, berbagai pihak meyakini Puan Maharani akan tetap diusung PDI Perjuangan (PDIP).

Direktur Eksekutif Veritas Data Iqbal Themi menilai diusungnya Puan Maharani di Pilpres 2024 dapat menjadi solusi jalan tengah bagi soliditas mesin politik PDI Perjuangan seandainya dicalonkan sebagai Capres 2024.

“Puan juga mendapatkan coattail effect atau efek ekor jas karena asosiasi Puan terhadap PDI Perjuangan sangatlah kuat,” ujar Iqbal, Minggu 31 Oktober 2021.

Sementara itu, menurut Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin, PDIP hingga kini terus berupaya menaikkan elektabilitas putri Megawati Soekarnoputri tersebut sampai benar-benar siap berkompetisi di Pilpres 2024.

“Sudah ada bocoran dari internal PDIP, mereka akan mengajukan Puan Maharani untuk maju sebagai kandidat calon presiden 2024. Kata mereka, menang bersama dan nyungsep juga bersama. Kalaupun nyungsep atau kalah itu sudah resiko, karena mendorong figur yang elektabilitasnya rendah,” terang Ujang.

Berikut deretan tanggapan berbagai pihak terkait beredarnya nama Ketua DPR RI Puan Maharani digadang akan maju Pilpres 2024.

Menyikapi bebrita tentang ibu Puan Maharani sebagai bakal calon presiden Indonesia kedepan,

Ketua LSM KOAD Indrawan, “semua serba mungkin, apalagi ibu Puan Maharani adalah partai besar PDIP”, katanya.

Sumbar adalah masyarakat Minang untuk di percaya di Ranah Minang, tidak gampang. tapi jika tau rahasianya hal itu bukan tidak mungkin kata Indrawan

ulasnya lagi, “Sekarang baru tahun 2022 masih ada waktu 2 tahun lagi untuk berjuang, kita tunggu semoga beberapa bulan kedepan ada kemajuan. bahwa memang calon Presiden dari PDIP adalah puan maharani”, tambahnya lagi.

“Untuk Sumbar, perlu dilakukan terobosan-terobosan spektakuler dan usaha yang serius, karena ibu Puan Maharani adalah seorang perempuan”, katanya

“Menurut kebanyakan orang Sumbar berpendapat bahwa pemimpin adalah laki-laki, lalu bagaimana kedepan, apa yang akan dilakukan untuk membuat rakyat Sumbar yakin bahwa dengan memilih capres Puan Maharani Sumbar akan lebih baik”, tambahnya lagi.

Ketika di konfirmasi kepada calon wakil dari capres Puan Maharani, Triferihendra dikatakannya,  “tunggu beberapa waktu, paling lama dalam 2 bulan kedepan, Sumbar akan di bentuk Relawan capres Puan Maharani yang beranggotakan dari Milenial Sumbar”,katanya.

(sumber Liputan6.com)